Sunday, October 03, 2010

Anugerah Achievement Award untuk Jakob Oetama

Jakarta, kompas - Ikatan Penerbit Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada tiga generasi berbeda, Umay, Andrea Hirata, dan Jakob Oetama. Penyerahan penghargaan disampaikan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, didampingi Ketua Umum Ikapi Setia Dharma Madjid, dalam pembukaan IBF 2010, Sabtu (2/10) di Istora Senayan, Jakarta.

Penghargaan diberikan kepada artis cilik Umay (9) yang dinobatkan sebagai jagoan baca cilik. Umay dinilai mencerminkan anak yang pintar, berprestasi, kreatif, dan senang membaca.

Sementara penghargaan khusus bagi penulis diberikan kepada Andrea Hirata, yang saat ini sedang menempuh pelatihan penulisan di Universitas Iowa, Amerika Serikat. Andrea dinilai sebagai penulis fenomenal melalui karya-karyanya tetralogi Laskar Pelangi, bahkan ada yang sudah difilmkan.

Sementara itu, penghargaan Achievement Award diberikan Ikapi kepada Jakob Oetama. Pendiri kelompok usaha Kompas Gramedia ini dinilai layak disebut sebagai tokoh penerbitan.

”Kompas Gramedia telah menjadi bagian kehidupan literasi kita yang ikut berusaha untuk mengembangkan minat baca masyarakat dan kemajuan perbukuan di Indonesia,” kata Setia Dharma.

Bumi Parahyangan

Ikatan Penerbit Indonesia selama 30 tahun menggelar Indonesia Book Fair (IBF) untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses bahan bacaan dan mengampanyekan gerakan baca-tulis. Program ini juga menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan khasanah literatur, seni, dan pariwisata daerah kepada masyarakat luas.

Penyelenggaraan IBF tahun ini mengangkat Bumi Parahyangan sebagai ”tamu” kehormatan. Temanya ”Menguak Cakrawala Bumi Parahyangan”. Alasan pemilihan tema kali ini karena di Bumi Parahyangan lahir banyak penulis besar Indonesia, antara lain Achdiat Kartamiharja, Ramadhan KH, dan Ajip Rosidi.

IBF kali ini akan berlangsung hingga 10 Oktober. Masyarakat bisa mendapatkan buku murah dengan diskon hingga 70 persen.

Selama kegiatan banyak acara menarik yang terbuka untuk masyarakat umum, baik secara gratis maupun membayar. Acara-acara di IBF meliputi talkshow, lomba mewarnai dan menggambar, kompetisi matematika untuk anak SD, peluncuran buku, hingga workshop mendongeng dan membuat komik. (ELN)

Sumber: Kompas, Minggu, 3 Oktober 2010

No comments: