Friday, December 04, 2009

[Pustakaloka] Buku Ekonomi: Portofolio dan Investasi

JARANG terdengar dosen perguruan tinggi yang bersedia meluangkan waktu untuk menulis buku (pelajaran) kemudian menyerahkan kepada penerbit. Daripada repot menulis buku, mereka beranggapan, lebih baik mencari ”obyekan” lain.

PRI

Hal ini tidak berlaku bagi Prof Dr Eduardus Tandelilin, MBA, CWM, yang berhasil menyelesaikan sebuah tulisan berjudul Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Oleh guru besar keuangan pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM itu, hasil tulisannya telah diserahkan kepada penerbit Kanisius untuk dijadikan buku sekaligus diedarkan kepada kalangan (khususnya) mahasiswa. Pencetakan buku selesai bulan lalu dan pekan depan sudah bisa ditemukan di rak-rak toko buku ternama.

Buku ini membahas berbagai teori dan konsep investasi serta bagaimana menerapkannya dalam manajemen portofolio aset finansial. Topik-topik penting yang dibahas dalam buku karya Tandelilin—putra Namlea, Maluku, lahir tahun 1956—itu adalah pengenalan konsep dasar investasi dan konsumsi, instrumen keuangan, serta mekanisme perdagangan di pasar modal Indonesia. Risiko dan return dibahas secara lengkap mengingat dalam melakukan investasi diperlukan pemahaman konsep tersebut secara benar. Buku ini juga membahas bagaimana investor dapat mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap berbagai instrumen keuangan di pasar modal, di antaranya saham dan obligasi serta surat berharga derivatif.

Di lembar terakhir buku tertulis bahwa buku ini juga mendiskusikan metodologi dan teknis analisis statistik untuk menunjang kemampuan pembaca dalam melakukan riset investasi dan pasar modal. Bagian akhir dilengkapi dengan pembahasan isu khusus, meliputi analisis dan evaluasi kinerja portofolio, manajemen investasi internasional, serta manajemen kekayaan.

Guna membantu pembaca, ditemukan pula suplemen berupa softcopy power point yang berisi berbagai konsep penting dalam setiap bab. Khusus untuk para dosen disediakan penjelasan dan penyelesaian soal-soal yang ada dalam buku ini.

Beristrikan guru besar Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Regina Titi Christinawati, dengan dua anak, Prof Tandelilin saat ini menjadi (antara lain) Ketua Dewan Penguji Profesi Wealth Managers. Ia lulus sarjana S-1 dari UGM (1981), S-2 dari University of Scranton, Pennsylvania, AS (1988), dan S-3 dari University of the Philippines, Diliman (1998). Ia telah menulis beberapa buku dan artikel bidang keuangan. (POM)

Sumber: Kompas, Jumat, 4 Desember 2009 R

No comments: