Thursday, December 31, 2009

Buku Gurita Cikeas: Mengingatkan Praktik pada Zaman Orde Baru

Jakarta, Kompas - Buku berjudul Membongkar Gurita Cikeas yang ditulis peneliti korupsi George Junus Aditjondro mengingatkan bangsa pada praktik politik pada zaman Orde Baru. Buku tersebut menggambarkan sistem pemerintahan saat ini telah kembali mengarah ke sistem oligarki.

Demikian tanggapan sejumlah politisi, tokoh muda, dan mahasiswa atas buku Membongkar Gurita Cikeas yang disampaikan dalam acara prapeluncuran dan bedah buku di Doekoen Coffee, Pancoran, Jakarta, Rabu (30/12).

Pengajar Pascasarjana Universitas Indonesia, Kastorius Sinaga, sebagai penanggap pertama, menilai cerita dalam buku tersebut mengingatkan masyarakat pada zaman Orde Baru, masa saat persekutuan antara kekuatan politik dan kekuatan ekonomi terasa sangat kental untuk memperoleh kekuasaan.

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Ahmad Nasir Siregar, data yang tertulis dalam buku itu menunjukkan mulai kembalinya sistem oligarki, yaitu pemerintahan hanya dijalankan beberapa orang yang berkuasa dari kelompok tertentu.

Pada prapeluncuran buku itu sempat terjadi kericuhan. Politisi Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, yang tak diundang dalam acara, terkena sambitan naskah buku George Junus Aditjondro yang geram mendengar pernyataan Ramadhan. Ramadhan, Rabu siang, langsung melaporkan George Junus Aditjondro ke Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Djoko Suyanto menegaskan, dana yang dikumpulkan oleh yayasan-yayasan yang berkaitan dengan keluarga Cikeas tidak ada yang dialirkan untuk pembiayaan kampanye dalam pemilihan umum dan pemilihan presiden lalu.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengaku telah mempelajari buku itu. Ia menilai belum menemukan cek dan ricek kebenaran yang ditulis dalam buku tersebut.

(nta/tri/ana/day)

Sumber: Kompas, Kamis, 31 Desember 2009

1 comment:

yang punya blog said...

Just share :)
Free download buku Membongkar Gurita Cikeas (Full Version 183 Pages) :
http://www.ziddu.com/download/7970921/buku-membongkar-gurita-cikeas-full-version.pdf.html