Sunday, December 13, 2009

Buku Biografi Kiai Pesantren

KH MUSTOFA Bisri, suatu ketika, saat orasi pernah mengoarkan kegelisahan: kenapa budaya tulis, khususnya menulis sejarah kehidupan tokohnya sendiri, tidak berkembang di kalangan pesantren, padahal semua menyadari betapa pentingnya hal itu. Gerundelan kiai-budayawan Rembang yang akrab disapa Gus Mus tersebut tentu bukan isapan jempol semata. Apalagi gurauan. Meski diujarkan dengan tergelak, serasa sindiran getir nan satir itu mengena dengan telak.

Kegelisahan Gus Mus itu saya alami sendiri ketika menghimpun data terserak tentang KH Arief Hasan, pendiri Pesantren Roudlotun Nasyi'in Beratkulon, Mojokerto. Padahal, Kiai Arief belum terlalu lama wafat, 1988. Tapi, kisah kehidupannya berpendar secara lisan di antara karib-kerabat yang terpencar-pencar. Sayang, kebanyakan mereka telah menyusul Kiai Arief mangkat. Untuk mengurai keriangan masa kanak-kanak Kiai Arief saja, tinggal seorang teman sepermainan. Itu pun sudah sangat uzur. Bincang pelan dia tak mendengar, bicara keras disangka membentak. Tapi untunglah, setelah berbulan-bulan gerilya data, buku Jejak Keteladanan KH Arief Hasan dikhatamkan.

Peristiwa serupa terulang ketika kini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mojokerto hendak membukukan sosok kiai-pejuang Mojokerto. Sampai saat ini, data terhimpun belum separonya dari target yang ditentukan. Padahal, buku tersebut di-launching Habib Lutfi bin Yahya, Said Aqil Siraj, dan Gus Mus akhir bulan ini bersamaan dengan sarasehan memperingati haul Syekh Jumadil Kubro di Trowulan.

Bila diurai, ada beberapa faktor penyebab berlarut-larutnya penulisan buku biografi kiai pesantren tersebut. Misalnya, minim data tertulis, kisah beredar secara lisan, banyak saksi kunci yang mati, tanggapan keluarga kiai yang nonkooperatif, serta lemahnya budaya tulis pesantren.

Harus diakui bahwa akar persoalan dari kerumitan pembukuan biografi kiai pesantren adalah lemahnya budaya tulis pesantren. Itu sekaligus mengamini sepenggal kegelisahan Gus Mus di atas. Sebagian besar pesantren masih menitikberatkan tradisi oral-aural, budaya bicara-dengar, dalam pembelajarannya. Budaya tulis belum mendapat tempat yang layak dalam iklim pendidikan pesantren.

Tentu saja, dengan tidak bermaksud menggeneralisasi seluruh pesantren, tapi mengingat jumlah pesantren begitu membiak, jelas pesantren yang memberikan ruang bagi kreativitas tulis-menulis masih amat sedikit. Di Jawa Timur saja, menurut data statisitik Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama, pada 2007 tercatat 4.404 pesantren. Lalu, di Jawa Tengah 2.187 pesantren, Jawa Barat 3.561 pesantren, dan Jakarta 87 pesantren. Dalam skala nasional, berdasar kategori pesantren, jenis pesantren salaf (tradisional) di Indonesia sebanyak 8.905, pesantren khalaf (modern) 878, dan pesantren terpadu 4.284. Total keseluruhan tak kurang dari 14.000 pesantren di Indonesia.

Sekarang persoalannya, di antara belasan ribu pesantren tersebut, berapa banyak buku biografi kiai pesantren yang telah diterbitkan. Jumlah buku biografi kiai pesantren yang sudah meruyak pasar perbukuan masih bisa dihitung dengan jari. Apalagi, para kiai pesantren yang jejak keteladanannya direkam dalam buku baru sebatas kiai karisma dan ketokohannya diakui secara nasional. Sebut saja, Kiai Hasyim Asy'ari (Jombang), Kiai Abdullah Hamid (Pasuruan), Gus Mik (Kediri), Kiai Arwani (Kudus), Kiai Munawwir (Krapyak), dan sebagainya. Sementara itu, jumlah kiai pesantren yang ketokohannya masih taraf lokal-regional ibarat gugusan pasir yang menghampar di pantai susah ditaksir dengan lentik jemari.

Karut-marut pembukuan kiai pesantren Mojokerto oleh dinas pariwisata dan kebudayaan setempat seharusnya menjadi pelajaran berharga sekaligus otokritik bagi pesantren secara keseluruhan. Insan pesantren mesti berani mendobrak, meminjam istilah Paulo Freire, budaya bisu (silent culture) yang sekian lama menggelayuti urat nadi kehidupan pesantren. Budaya bisu itulah yang menihilkan kreativitas sehingga pesantren acap terbuai sekaligus terbelenggu bayang-bayang mitos kebesaran dan kejayaan masa lalu.

Adalah KH Zainal Arifin Thoha yang semasa hidupnya terobsesi untuk mengangkat kembali kreativitas kepenulisan di pesantren dengan mendirikan Pesantren Hasyim Asy'ari di Jogjakarta bersama ''Si Celurit Emas'' D. Zawawi Imron. Pesantren itu lebih difungsikan untuk mengasah nalar kreatif santri dalam hal tulis-menulis. Karena Gus Zainal adalah seorang penulis, menulis di pesantren itu menjadi sebuah keniscayaan.

Obsesi Gus Zainal diejawantahkan pula dalam kampanye kepenulisan ke berbagai pesantren. Ketika menyertainya road show ke berbagai pesantren yang tersebar di sejumlah kota di Jawa Timur bersama Ahmad Munif, Evi Idawati, dan Ahmad Tohari, saya tahu persis betapa menggeloranya Gus Zainal membakar semangat para santri untuk menekuni lagi tradisi menulis yang mulai dikremasi. Dengan kesadaran penuh, Gus Zainal merekam seluruh proses kreatif kepenulisannya dalam buku Aku Menulis Maka Aku Ada. Keteladanan, semangat, dan kearifan menekuni tulisan hingga kini masih terjaga meski Gus Zainal telah menanggalkan kesementaraan dunia pada 14 Maret 2007.

Apa yang telah diperbuat Gus Zainal semestinya bisa menjadi cermin dan digandakan di pesantren lain. Setidaknya, pesantren mau membuka diri dan memberi ruang materi tulis-menulis dalam kurikulum pendidikannya. Pelan-pelan tradisi menulis di pesantren akan menguat. Hatta, problem penulisan buku biografi kiai pesantren bisa diurai sejak dini.

Memang, butuh waktu relatif lama untuk menuntaskan agenda penulisan buku biografi kiai pesantren. Apalagi untuk kiai pesantren lokal-regional yang tergerus dan berada di tubir sejarah popularitas, perlu keterlibatan banyak pihak, termasuk instansi pemerintah. Kebijakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mojokerto untuk membukukan kiai pejuang di wilayah tersebut pantas diapresiasi dan semestinya direaksi pemerintah daerah lain. Sebab, mereka adalah aset kultural yang tak ternilai jasa dan pengabdian sepanjang hidupnya untuk mengayomi umat.

Bahwa mengenang para kiai yang telah wafat tak cukup sekadar mengadakan haul secara rutin saban tahun. Mengabadikan keteladanan mereka menjadi buku justru merupakan bentuk khidmat yang membawa manfaat nyata. Selama keteladanan itu masih terekam dalam ingatan yang cuma sepercik, kelak akan pudar dan aus oleh gerusan waktu. Hingga yang tersisa adalah batu nisan yang terus disambangi tanpa makna berarti.

Sebelum benar-benar terlambat, mari memulai mengabadikan keteladanan para kiai pesantren menjadi buku dengan segenap perasaan cinta dan rindu. (*)

Saiful Amin Ghofur, redaktur Jurnal Millah, MSI UII Jogjakarta

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 13 Desember 2009 ]

No comments: