Sunday, October 04, 2009

[Oase Budaya]Festival Kesenian Indonesia VI 2009

-- Sjifa Amori

FESTIVAL Kesenian Indonesia (FKI) adalah pertemuan bagi 7 perguruan tinggi seni di Indonesia, meliputi IKJ, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, STSI Bandung, STSI Padang Panjang, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta STKW. Kegiatan yang berlangsung dalam rentang dua tahunan dan penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan secara bergilir.

FKI adalah salah satu kegiatan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI) yang dibentuk pada tahun 1999 atas prakarsa Prof. Dr. I Made Bandem yang kala itu menjabat sebagai Rektor ISI Yogyakarta

FKI berfungsi sebagai sarana membentuk ruang kreatif dan dialogis tujuh perguruan tinggi seni di Indonesia. Sejak tahun 1999, FKI telah berlangsung selama 5 kali, yaitu di ISI Yogyakarta (FKI I Th. 1999), STSI Padangpanjang (FKI II Th. 2001), STKW Surabaya (FKI III Th. 2003), dan STSI Bandung (FKI IV Th 2005), dan ISI Denpasar (FKI V/2007).

Pada kesempatan kali ini, FKI VI/2009, IKJ mendapat kesempatan sebagai tuan rumah kegiatan, yang akan dilaksanakan pada 5-8 Oktober dan 18-24 Oktober 2009 dengan tema Exploring Root of Identity. Tema ini mengandung makna bahwa setiap seni budaya dan industri budaya harus dicari dari akar kekuatan budaya sendiri.

Kegiatan FKI VI/2009 meliputi pertunjukan tari, teater, musik etnik, symphony, pameran seni rupa dan fotografi, aneka workshop kreatif, dan acara khusus yang melibatkan mahasiswa seperti street fashion, karnaval, lukis mural, bazaar, dan pentas seni (musik atau band). Jadwal lebih lengkap bisa dilihat di situs Taman Ismail Marzuki.

Sumber: Jurnal Nasional, Minggu, 04 Oktober 2009

No comments: