Sunday, October 04, 2009

[Buku] Paradigma Benar untuk Indonesian Dream

Judul: The Indonesian Dream:The Pursuit of a Winning Nation
Penulis: Elwin Tobing
Penerbit: The Indonesian Institute & Primamedia Press
Tahun Terbit: September 2009
Tebal: 257 halaman

BANGSA yang unggul adalah bangsa yang dapat mempersatukan rakyatnya, memajukan kemerdekaan rakyat, dan yang dapat secara penuh mendukung pencapaian kemakmuran bagi setiap rakyatnya. Singkatnya, bangsa yang unggul adalah bangsa yang bersatu, demokratis, dan makmur.

Untuk membangun bangsa yang unggul, memerlukan perubahan mendasar bukan tambal sulam, yakni nilai-nilai dasar seperti keyakinan dan paradigma yang benar.

Demikian ringkasan ide yang dituliskan Dosen Universitas Azusa Pasific di California Elwin Tobing dalam bukunya yang berjudul The Indonesian Dream: The Pursuit of a Winning Nation.

Dalam buku berbahasa Inggris setebal 257 halaman ini, Elwin menguraikan tentang paradigma yang benar untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Salah satunya adalah untuk membangun bangsa yang kompetitif harus memajukan individu warga negara yang kompetetif pula.

"Tetapi, untuk menjadi unggul, setiap orang harus memiliki akal pikiran yang membangun dan masyarakat harus memajukan budaya untuk mendukung iklim kompetetif tersebut," katanya.

Sedangkan untuk mewujudkan individu yang kompetetif, harus dengan penguasaan ilmu dan penemuan-penemuan. Bangsa yang kompetitif hanya bisa diwujudkan bila masyarakatnya lapar terhadap pengetahuan dan obsesi dengan pendidikan.

"Kuncinya adalah pengetahuan. Masyarakat secara keseluruhan harus berambisi dengan pengetahuan. Kenapa negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Malaysia lebih maju, karena mereka ambisius dengan pendidikan," ujarnya saat bedah buku di Setiabudi Building Jakarta, belum lama ini.

Di sisi lain, Elwin pun menyoroti salah satu penyebab keterbelakangan Indonesia adalah karena mentalitas orang Indonesia yang selalu mengaggap diri sebagai korban dari negara maju dan neolib.

Padahal, untuk menghasilkan karya yang besar dan bisa mengalahkan karya negara lain, harus dengan optimisme yang kuat dari setiap individu. [DMF/F-4]

Sumber: Lampung Post, Minggu, 4 Oktober 2009

1 comment:

Anita Pravitasari said...

I read an article about this book on today’s Kompas. I went to look for it right away. I checked at Gramedia, TGA, and times bookstore, but I couldn’t find a single copy. They said the book is not yet listed on their database. Could you please tell me where you buy it? thank you.