Sunday, July 12, 2009

[Pustaka] 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah

Judul : 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah
Penulis : Michael H Heart
Penerbit : Hikmah, Juni 2009
Tebal : 622

BUKU ini merupakan edisi terbaru Michael H Hart dengan peringkat dan daftar orang yang berbeda dari edisi awalnya. Semua karier dan kontribusi mereka ditulis Hart lewat biografi yang dalam, juga tajam.

Bagi Hart, seratus orang dalam buku ini bukanlah sekadar orang paling kuat, paling hebat, atau paling pintar, tetapi lebih karena mereka adalah orang-orang yang memengaruhi sejarah, mendorong kebangkitan dan kejatuhan sebuah peradaban, mengubah sejarah, dan mengayunkan takdir jutaan manusia.

Buku "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah" pertama terbit pada 1978 sebagai buku yang kontroversial dengan konsep dasar yang banyak ditiru. Buku ini dicetak ulang pada 1992 dengan beberapa revisi penting terkait urutan tokohnya. Beberapa di antara revisinya adalah tokoh komunis Vladimir Lenin dan Mao Zedong, introduksi Mikhail Gorbachev. Hart menggantikan isu Shakespearean authorship menjadi Edward de Vere, 17th Earl of Oxford bagi William Shakespeare. Ia juga menggantikan Niels Bohr dan Henri Becquerel dengan Ernest Rutherford.

Hart juga menulis karya terkenal seperti Extra-Terrestrials, Where Are They? Pada tahun 1982, A View from the Year 3000 (1999), dan Understanding Human History (2007). (Sjifa Amori)

Sumber: Jurnal Nasional, Minggu, 12 Jul 2009

No comments: