Sunday, July 05, 2009

Penerbit Harry Potter Bantah Tuduhan Plagiarisme

-- Sjifa Amori

PERUSAHAAN penerbit seri Harry Potter, Bloomsbury Publishing menolak tuduhan plagiarisme yang dialamatkan terhadap salah satu pengarang paling popular, JK Rowling. Penulis yang tak terlalu dikenal, Adrian Jacobs mengklaim bahwa Rowling menjiplak plot dalam bukunya yang terbit pada tahun 1987 berjudul The Adventures of Willy the Wizard No. 1 Livid Land. Menurut Jacobs, plot yang sama telah disisipkan dalam karya keempat Rowling yang sama suksesnya dengan serial terdahulunya, Harry Potter and the Goblet of Fire.

"Bloomsbury ingin menyatakan bahwa klaim tersebut sama sekali tidak berdasar dan tidak bisa dibuktikan dengan pasti. Tuduhan plagiarisme yang dikeluarkan Adrian Jacobs tidak jelas dan sama sekali tidak benar," kata juru bicara Bloomsbury dalam sebuah pernyataan pers.

Komplain Jacobs, yang dilaporkan ke polisi pada 2004 dan kini sedang dalam proses menuju pengadilan tinggi, kedua buku tersebut sama-sama menceritakan soal penyihir yang bepergian dengan kereta dan juga tentang kompetisi magis yang penuh tantangan dengan melibatkan sandera. Pada adegan klimaks Goblet of Fire dan Triwizard Tournament, Harry menyelamatkan Ron dan murid lainnya dari cengkeraman makhluk bawah air Grindylow.

Pengacara Jacobs mengklaim bahwa Jacobs juga pernah menggunaikan jasa agen penerbit Christopher Little yang kemudian juga pernah mewakili Rowling.

Bloomsbury berargumen pihaknya tidak pernah mendengar nama Adrian Jacobs dan juga tidak mengenali satu pun hasil karyanya sampai ketika tuduhan tersbut dikemukakan anak dari penulis lawas itu. Artinya, klaim baru dipublikasikan empat tahun setelah diterbitkannya Harry Potter and the Goblet of Fire dan tujuh tahun setelah kematian Jacobs.

"Willy the Wizard adalah sebuah booklet tipis yang tidak terlalu substansial dan dicetak sangat terbatas. Karakter pusat Willy the Wizard bukanlah seorang penyihir muda dan setting-nya tidak berada di sekolahan penyihir," kata juru bicara penerbit Bloomsbury. Intinya, menurut penerbit yang membela Rowling ini, klaim itu tidak bisa diidentifikasi sebagai bagian dalam buku Harry Potter yang meniru Willy the Wizard. E Online/Syifa

Sumber: Jurnal Nasional, Minggu, 05 Jul 2009

No comments: