Sunday, July 26, 2009

Sastra:Di Manakah Rumah Chairil Anwar di Medan

-- Damiri Mahmud*

CHAIRIL ANWAR lahir di Medan, 26 Juli 1922. Masa kecilnya sehingga dia dewasa dihabiskannya di Medan. Baru pada tahun 1941, atau menurut Keith Foulcher malah tahun 1942, dia pindah ke Jakarta mengikuti ibunya, Saleha, karena berpisah dengan ayahnya, Toeloes, seorang pamong praja Belanda. Ini berarti sebagian besar masa hidupnya dihabiskan Chairil di Medan.

Chairil telah berusia 20 tahun ketika pindah ke Jakarta, padahal sebagaimana diakuinya dalam suratnya kepada HB Jassin, dia telah menyatakan sikap berkeseniaannya ketika berumur 15 tahun! ”Aku berkesenian dengan sepenuh hati,” katanya. Ini berarti pilihan hidupnya itu secara mantap telah dia pancangkan ketika masih di Medan.

Ironisnya, kita tidak tahu dengan pasti di mana sebenarnya rumah Chairil di Medan. (Alm) Arief Husin Siregar pernah bilang kepada A Rahim Qahhar bahwa rumah Chairil berada di salah satu ”rumah gedong” di Jalan Gajah Mada, Medan Baru. Hal ini tampaknya sejalan dengan sebuah sajak Chairil berjudul ”Rumahku”.

Rumahku dari unggun timbun sajak

Kaca jernih dai luar segala nampak

Kulari dari gedong lebar halaman

Aku tersesat tak dapat jalan

(bait I & II)

Kita perhatikanlah larik ”Kulari dari gedong lebar halaman”. Sebuah rumah gedung dengan halamannya yang lebar pada masa Chairil hidup di Medan tahun dua puluhan tentulah bukan sembarang rumah. Artinya, rumah itu tentulah rumah orang berada. Pada waktu itu hanya bangsawan dan pegawai tinggi Belanda saja yang memiliki rumah yang bagus. Dan istilah yang dipakai Chairil untuk rumahnya bukan ”rumah batu” sebagaimana yang lazim dikatakan waktu itu. Tapi ”gedong”! Dan bukan ”gedung”. Pada masa itu hingga ke tahun lima puluhan, orang Medan tahu ”rumah gedong” menunjuk ke kompleks perumahan pamong praja Belanda di Jalan Gajah Mada itu.

Kemudian dalam sajaknya ”Perhitungan” Chairil mendeskripsikan ”rumah gedong”-nya itu dan mengapa ia lari dari sana.

Perhitungan

Banyak gores belum terputus saja

Satu rumah kecil putih dengan lampu merah muda caya

Langit bersih-cerah dan purnama raya...

Sudah itu tempatku tak tentu di mana.

Sekilap pandangan serupa dua klewang bergeseran

Sudah itu berlepasan dengan sedikit heran

Hambus kau aku tak perduli, ke Bandung, ke Sukabumi...!?

Kini aku meringkih dalam malam sunyi.

16 Maret 1943

”Satu rumah kecil putih” ini tentu menunjukkan kebagusannya. Apalagi dengan ”lampu merah muda caya”. Artinya rumah itu memakai penerangan dengan lampu listrik. Pada masa itu hal ini tentulah suatu kemewahan dan keistimewaan yang hanya terdapat pada rumah-rumah tertentu. Kebanyakan rumah orang Medan ketika itu hanyalah rumah papan atau tepas yang beratapkan nipah atau rumbia dengan penerangan lampu sentir atau paling banter lampu petromaks.

Tapi, di sisi lain, fenomena rumah Chairil yang eksklusif itu tidak sesuai atau bertolak belakang dengan keterangan seorang kawan dekatnya sesama masih kecil, bernama Sjamsulridwan. Katanya, ”Pantang dikalahkan itulah kira-kira kesimpulan yang saya dapatkan dari kehidupan masa kanak-kanak Chairil semenjak kecilnya hingga menginjak dewasa; baik pantang kalah dalam sesuatu persaingan maupun dalam hal mendapatkan keinginan hatinya. Keinginan, hasrat untuk mendapatkan itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam.”

”Dan yang lebih menarik hati lagi, althans bagi kami yang mengenal kehidupan rumah tangga mereka, ialah cara hidup kedua suami isteri yang penuh percideraan rumah tangga itu. Kadang-kadang kita bertanya-tanya dalam hati: Bagaimanakah dua orang suami isteri dapat hidup demikian lamanya, bertahun-tahun dengan pertengkaran terus-menerus, boleh dikatakan tiada mengenal damai agak sejenakpun? Keduanya sama-sama galak, sama-sama keras hati, sama-sama tidak mau mengalah. Seolah-olah pertemuan besi dan api yang menimbulkannya. Ia merah percikan api melulu. Di tengah-tengah api percideraan dan pertengkaran begitulah Chairil Anwar hidup dan dibesarkan. Dapatlah kita rasakan, bagaimana pula pengaruh suasana kehidupan demikian terhadap jiwanya. Sedang di samping itu, dia sangat dimanjakan pula. Segala-galanya harus diadakan untuk Chairil, motor-motoran kanak-kanak, sepeda kanak-kanak dan apa lagi permainan atau kegemaran kanak-kanak, yang terbaik. Dan makanan. Bukanlah hal yang aneh untuk sebagai anak-anak menghabiskan seekor ayam goreng seorang diri saja.”

”Kalau Chairil berkelahi, maka bapaknya selalu membenarkan Chairil. Kalau perlu bapaknya juga ikut berkelahi. Memang, bapak Chairil juga punya sifat untuk bersikap ’akulah yang benar’, bukan saja terhadap orang lain, tetapi juga terhadap isterinya sendiri. Karena itulah, keadaan rumah tangga tidak harmonis.” (Arief Budiman, ”Chairil Anwar Sebuah Pertemuan”, Pustaka Jaya, 1976, hal 64-65).

Suasana tempat tinggal yang dilukiskan oleh kawan dekatnya ini tentulah jauh dari suasana ”rumah gedongan” yang eksklusif dan teratur itu. Situasi dan kondisinya lebih mirip kepada kampung rakyat yang padat dan campur baur antara kebanyakan orang miskin dengan sedikit orang berada. Di ”rumah gedong” tentulah fasilitas yang didapatkan Chairil berupa permainan mahal dan makanan enak adalah sesuatu yang lumrah dan sudah pada tempatnya, tidak harus mendapat perhatian atau kecemburuan sosial.

Namun, tentulah sulit diterima kalau di kompleks ”orang berpangkat” itu, kedua orangtuanya terus perang mulut, Chairil kerap membuat onar dan bapaknya pun ikut berkelahi membela anaknya. Fenomena seperti itu tentulah lebih cocok diperkampungan rakyat biasa.

Ada pernyataan seorang penyair, Aldian Aripin, dalam sebuah percakapan dengan saya. Katanya, di awal-awal tahun enam-puluhan, selalu diadakan peringatan tentang Chairil. Kalau mereka mengadakan acara, misalnya di Gedung Kesenian di bawah Titi Gantung (sekarang sudah lenyap dan tergusur), panitia selalu menjemput ibu Chairil yang tinggal di Jalan Singamangaraja di sekitar Mesjid Raya. Dengan demikian, ketika itu ibu Chairil masih hidup dan sudah ”balik kampung” kembali dari Jakarta.

Kalau benar ibu Chairil ketika balik ke Medan kembali menempati rumahnya yang lama, pernyataan Aldian Aripin sesuai dengan suasana yang dilukiskan oleh kawan dekat Chairil, Syamsulridwan, di atas. Di sekitar Mesjid Raya itu, yang disebut dengan Kota Maksum, memang banyak tinggal orang Minang. Jadi, di situlah Chairil Anwar lahir, dibesarkan dan dewasa.

Dan ketika membaca seluruh sajak Chairil yang hanya 70-an biji itu, kita merasa yakin Chairil sangat akrab dengan orang-orang Melayu yang campur baur di perkampungan itu, mengingat suasana diksi dan idiom sajak-sajaknya sangat kental dengan budaya Melayu. Misalnya larik ”Hambus kau aku tak perduli, ke Bandung ke Sukabumi...!?”, benar-benar khas idiom Melayu Medan. Bahkan hingga sekarang para pengkaji Chairil banyak yang tidak paham dengan kosakata ”hambus”, sehingga dalam versi lain sajak ”Perhitungan” itu diganti dengan ”hembus”. Misalnya dalam buku Derai-derai Cemara terbitan Horison, disebutkan, ”Hembus kau aku tak perduli, ke Bandung ke Sukabumi...!?”

Tapi Chairil tampaknya tak pernah menuliskan suasana rumah di lingkungan perkampungan ini. Dia hanya melukiskan rumah ”gedong lebar halaman” dengan ”lampu merah muda caya”, namun dia tidak betah di sana karena Chairil tidak cocok dengan ayahnya. Kedua mereka dia lukiskan ”serupa dua kelewang bergeseran”.

Saya mencoba menarik ”benang kusut” ini sebagai berikut. Chairil lahir dan dibesarkan di Medan di perkampungan sekitar Mesjid Raya itu. Karena pasangan Toeloes dan Saleha itu tak harmonis, mereka bercerai. Dan ayahnya Toeloes menikah lagi. Ibunya Saleha pindah ke Jakarta. Chairil ikut ayahnya menempati rumah pamong di ”gedong lebar halaman” itu. Karena Toeloes sangat mencintai Chairil, lagi pula dia adalah pegawai tinggi Belanda (di masa revolusi kemerdekaan dia menjadi bupati Indragiri), ayahnya memasukkan Chairil ke MULO di sekitar Jalan Abdullah Lubis.

Belakangan Chairil tidak cocok dengan ayahnya, lalu minggat ke Jakarta, menyusul ibunya, sebelum menamatkan MULO. Ayahnya menjemputnya, tapi Chairil menolak. Sehingga ayahnya yang temperamental itu berang lalu berteriak, ”Hambus kau aku tak perduli, ke Bandung ke Sukabumi...!?”

Sekarang dengan penelusuran yang belum tuntas ini, menjadi tugas kitalah untuk menyelidiki dengan pasti di manakah sebenarnya rumah kelahiran dan kediaman Chairil. Ironis kalau penyair legendaris sekaliber dia yang telah ditokoh oleh majalah Tempo sejajar Soekarno dan Sjahrir tak diketahui sejarah hidup dan tempat tinggalnya secara pasti.

* Damiri Mahmud, Penulis, Tinggal di Medan

Sumber: Kompas, Minggu, 26 Juli 2009

1 comment:

Flex Photography said...

Pak Damiri yth.
Saya Dr. Achmad D. Nasution, dosen Arsitektur USU. Saya sangat tertarik dengan Tulisan Bapak, sy sedang meneliti bangunan2 bersejarah di Medan terutama yg berkaitan dgn Nama2 penting dlm perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sepengatuan saya gedung MULO yg ada di medan adalah gedung smp 1 jln cik ditiro, apakah memang ada gedung mulo lain di jln Abdulah Lubis? Terkait rumah chairil anwar, hal apa yg bisa kita lakukan utk memastikan dmn sebenarnya alamat rumah beliau? Hal ini mesti segera dilakukan karna org2 yg hidup di zaman tsb tinggal sedikit. Saya bersama teman2 di arsitektir bersedia menindak lanjuti jika ada petunjuk lebih jauh ttg alamat rumah alm. Chairil Anwar. Terimakasih atas perhatian Bapak, mohon responnya.
Salam
Aan.nasution@gmail.com