Saturday, July 12, 2008

Obituari: Said D Jenie, Tokoh Uji Terbang N-250, Tutup Usia

Jakarta, Kompas - Said Djauharsjah Jenie, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT yang juga merupakan salah satu tokoh penting penerbangan perdana pesawat N-250, Jumat (11/7) pukul 07.48, meninggal karena sakit jantung di RS Boromeus, Bandung.

Said Djauharsjah Jenie (RISTEK/MULYADI/Kompas Images)

Setelah disemayamkan di rumah duka di Bandung, jenazah Said, yang juga guru besar teknik penerbangan di Institut Teknologi Bandung (ITB), dibawa ke Yogyakarta untuk dimakamkan di Pemakaman Sewu Bantul, Sabtu pagi ini.

Selain keluarga dan kerabat, ikut hadir pula dalam acara penghormatan terakhir di Bandung Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Hatta Rajasa, Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menneg Ristek) Kusmayanto Kadiman, Rektor ITB Prof Djoko Santoso, pimpinan BBPT, dan PT Dirgantara Indonesia (DI).

Said, yang lahir di Solo, 22 Agustus 1950, menggantikan Kusmayanto Kadiman sebagai Kepala BPPT pada April 2006, sedangkan sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa.

Pada 10 Agustus 1995, Said Jenie menjadi Kepala Pusat Uji Terbang N-250. Saat itu ia mengawasi proses penerbangan perdana pesawat hasil rancang bangun insinyur Indonesia di menara pengontrol bersama mendiang Presiden Soeharto dan Menneg Ristek BJ Habibie.

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Mesin ITB tahun 1969, Said melanjutkan studi di Massachusetts Institute of Technology, perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat. Tahun 1978 Said meraih gelar master dalam bidang aeronotika dan astronotika serta selanjutnya meraih gelar doktor dalam bidang astrodinamika tahun 1982.

Selain memimpin BPPT, Said yang pernah meraih penghargaan ASEAN Engineering Awards tahun 1994 ini juga anggota Dewan Komisaris PT DI. Said bolak-balik Jakarta-Bandung karena masih mengajar dan membimbing mahasiswa di Jurusan Teknik Penerbangan ITB.

Mensesneg Hatta Rajasa mengatakan, semasa hidupnya, Said dikenal sebagai sosok ilmuwan yang tekun, khususnya di bidang kedirgantaraan. Wahana Benam (cikal bakal kapal selam) dan Rutav (pesawat tanpa awak) merupakan sedikit dari karyanya. Sementara, menurut Menneg Ristek Kusmayanto Kadiman, Said Jenie sangat disiplin dan sepenuh hati ketika mengajar. Ia menyampaikan teori secara lengkap dengan contoh nyata.

Deputi Kepala Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa BPPT Surjatin Wiriadidjaja mengatakan, tantangan besar bagi BPPT untuk melanjutkan riset strategis pascameninggalnya Said.

Saudara kembar almarhum, yang juga Kepala LIPI, Umar Anggara Jenie, mengatakan, Said adalah sosok yang tak kenal menyerah dan berjasa besar bagi negara dan dunia. Selama setahun terakhir, Said banyak menyosialisasikan sistem jabatan fungsional perekayasa ke lembaga penelitian nondepartemen, seperti Lapan dan Bakosurtanal.

Bersama koleganya, Said menulis makalah ilmiah di bidang satelit dan juga kendaraan bawah air. Terakhir Said juga mengajukan definisi Bulan Baru ketika di masyarakat berlangsung perdebatan mengenai penentuan tanggal 1 Syawal 2007.

Agustus 2007 Said Jenie menerima anugerah Bintang Jasa Utama. Said, seperti dikutip Antara, meninggalkan seorang istri, Sadarijah Saraswati, dan tiga orang anak, yakni Maulana S Jenie, Asih Nurul Jenie, dan Gita Jenie. (jon/chen/nin/sin)

Sumber: Kompas, Sabtu, 12 Juli 2008

1 comment:

Lirik Lagu Indonesia said...

Semoga Sukses Segala Kinerjanya

Terus Berkarya
----------------->
Salam Sastra

Kumpulan Puisi Acep Zamzam Noor, Artikel Budaya, Artikel Sastra, Artikel Sosial,

Artikel Seni, Lukisan Acep Zamzam Noor dapat di update pada Blog

http://acepzamzamnoor.blogspot.com

Selamat Berapresiasi
----------------------------

Salam musik Indonesia

band ternama, directory pop, lirik pop, lagu pop, pop lyric, free pop lyric, lirik

pop gratis, kumpulan lirik pop, lirik pop melayu, tembang pop lengkap ada di

http://popindonesia.co.cc

Selamat Bersenandung Ria
------------------------------

Salam Dangdut

goyang dangdut, directory dangdut, lirik dangdut, jago dangdut, dangdut lyric, free

dangdut lyric, lirik dangdut koplo, direktori lirik dangdut, hot dangdut lengkap

bisa dikunjungi di http://goyangdangdut.co.cc

Salam Dangdut
---------------------

Salam Karya

Kumpulan puisi, Kumpulan Cerpen, Artikel Bebas, Gita Lirik, Otodidak Computer

silakan kunjungi di http://kobongsastracipasung.blogspot.com

Selamat Berapresiasi
------------------------

Terima Kasih