Friday, July 25, 2008

Cerita Rakyat Asean Ingin Mendunia

JAKARTA, KAMIS-Bacaan anak negara yang tergabung dalam Asean (The Associations of Southeast Asian Nations) dan cerita rakyat Asean perlu mendapat perhatian agar dapat mendunia. Sebab, serita rakyat adalah cara yang tepat untuk mengaitkan kebudayaan yang berbeda, sedangkan bercerita adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi.

"Atas dasar inilah Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA) mengadakan Festival Bercerita Asean dan Seminar Cerita Rakyat Asean," kata Presiden KPBA Murti Bunanta di Jakarta, Kamis (24/7).

Acara yang akan diselenggarakan dari tanggal 31 Juli sampai 4 Agustus 2008 ini rencananya diikuti oleh 22 orang tamu dari negara Asean. Kesemuanya akan mendongeng cerita rakyat dari masing-masing negaranya. Acara ini baru pertama kali diadakan di Asean untuk mempererat kerjasama antarnegara Asean.

Dalam rangkaian acara ini, KPBA akan menampilkan berbagai tontonan dan workshop bagi anak-anak. Selain itu, KPBA juga mengadakan seminar Cerita Rakyat Asean dengan tema Peranan Cerita Anak dalam Pendidikan Anak. Rangkaian acara ini adalah yang kedelapan kalinya digelar sejak tahun 1988. Acara ini juga untuk merayakan 20 tahun KPBA berkarya. Keseluruhan acara ini akan digelar di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan No. 17 Jakarta. "Dan semuanya gratis," kata Murti.(M12-08)

Sumber: Kompas Entertainment, Kamis, 24/7/2008 | 16:01 WIB

No comments: