Monday, July 28, 2008

Arkeologi: Situs Manusia Purba Sangiran Dilematik

SRAGEN, KOMPAS - Situs Sangiran saat ini dihadapkan pada beberapa persoalan dilematik. Potensi yang dimiliki situs tersebut menghadapi ancaman yang disebabkan proses alam dan aktivitas manusia.

Demikian dikatakan Kepala Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran Harry Widiyanto, Minggu (27/7) di Sangiran. Hal itu terjadi karena areal situs relatif luas dan terbuka, penduduknya banyak, dan mereka menguasai tanah yang banyak fosilnya. ”Ada 175.000 jiwa bermukim di areal Situs Sangiran,” kata Harry.

Saat ini tidak ada aktivitas penggalian fosil manusia purba di situs tersebut, melainkan pembangunan museum senilai Rp 25 miliar. Ke depan Situs Manusia Purba seluas 56 km persegi itu diharapkan menjadi obyek wisata budaya yang bermanfaat sebagai sarana rekreasi dan pendidikan.

Situs Sangiran ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia (World Culture Heritage) oleh UNESCO pada tahun 1996. Sangiran mempunyai nilai penting bagi sejarah geologi di Indonesia, dan dunia, karena mencakup lapisan stratigrafi dari 2 juta sampai 200.000 tahun lalu.

Harry menjelaskan, warga di kawasan situs itu umumnya miskin. Sawah yang mereka miliki hanya bisa ditanami saat musim hujan. ”Bertani hanya kerugian yang didapat, tanah tak bisa diolah untuk keperluan lain,” kata Sutini, warga Krikilan, Sangiran.

Saat hujan dan terjadi longsor kadang penduduk menemukan fosil. Sebagian mereka jual. Sekarang kasus penjualan fosil manusia purba dalam proses pengadilan. Menurut Harry, menjual fosil mendatangkan uang cepat, kalau diserahkan ke pemerintah prosesnya bisa 3 bulan. ”Ada warga menemukan fosil buaya dan kerbau purba. Masing-masing dapat Rp 5 juta,” katanya. (NAL)

Sumber: Kompas, Senin, 28 Juli 2008

1 comment:

infogue said...

Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!


http://cabiklunik.blogspot.com/2008/07/arkeologi-situs-manusia-purba-sangiran.html