Sunday, July 20, 2008

Kronik: Jawa Barat Gelar Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia

BANDUNG--Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat menggelar Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia yang diikuti 24 Taman Budaya. Acara ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas hak cipta karya seni.

Acara ini mengusung tema Serumpun bambu sejuta aksi. Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Barat, Budhyana, di Bandung, beberapa waktu lalu berharap acara ini dapat mengobarkan kembali semangat menyelamatkan aset seni bambu yang mulai dan telah diklaim negara lain.

"Taman Budaya diharapkan mampu menjadi pintu gerbang dari spirit kebangkitan dan kebanggaan atas seni budaya, dan tidak hanya melulu sebagai lambang atau pelengkap saja," kata dia.

Dalam rangka 100 Hari Kebangkitan Nasional, berbagai kegiatan seperti etalase seni pertunjukan bambu, gelaran dan pembukaan, Temu Kepala Taman Budaya se-Indonesia, dialog seni, konser kolaborasi musik bambu, pameran dan pertunjukan seni dan sajian kuliner akan dilaksanakan sejak 23--26 Juli mendatang.

Peserta berasal dari Taman Budaya Nangroe Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jabar, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Peserta lainnya adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan. n ANT/P-1

Sumber: Lampung Post, Minggu, 20 Juli 2008

No comments: