Sunday, September 27, 2009

[Nama & Peristiwa] Jean Rocher: Novel Spionase

JEAN Rocher (59) tak hanya menjadikan Indonesia sebagai setting peristiwa, sementara kenangan-kenangan yang hidup padanya masih Perancis. Dalam novel terbarunya, Keping Rahasia Terakhir, yang diterbitkan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), tampak benar ia paham seluk-beluk Indonesia.

Kisah-kisah spionase para agen Perancis di Indonesia dalam novel itu, kata Rocher, memang sebagian merupakan kepingan hidupnya selama tinggal di Indonesia. Sejak tahun 1993-1997, Rocher bertugas sebagai atase militer pada Kedutaan Besar Perancis di Indonesia. Setelah itu pun, Rocher tak segera kembali ke negerinya yang eksotik, ia malah memilih tetap tinggal di Indonesia.

”Tak ada alasan saya kembali ke Perancis. Negeri ini menyimpan begitu banyak rahasia keindahan,” tutur Rocher, pertengahan September 2009. Itu pulalah yang mendorongnya menulis novel. Novel pertamanya telah terbit di Perancis dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Lelehan Api, beberapa tahun lalu.

Rocher, yang kini bekerja sebagai konsultan sekuriti di sebuah pusat retail yang berpusat di Perancis ini, bertekad membuat trilogi untuk novel terbarunya. Ia bahkan kini sedang sibuk melakukan riset seputar keberadaan pasukan Perancis di Indonesia pada masa-masa kolonialisme dahulu. ”Semua akan dituangkan dalam novel berikut,” katanya. (CAN)

Sumber: Kompas, Sabtu, 26 September 2009

No comments: