Friday, September 18, 2009

Minat Mahasiswa terhadap Sastra Rendah

MEDAN (Ant/Lampost): Minat mahasiswa dalam penulisan karya sastra dinilai masih rendah. Akibatnya, buku-buku maupun hasil karya sastra lainnya seperti cerpen, puisi, dan novel hasil karya mahasiswa minim di pasaran.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ BSI) Sumut, Budianto, di Medan, Kamis (17-9), mengatakan untuk menumbuhkan minat dan kreativitas mahasiswa dapat digelar berbagai kegiatan, seperti perlombaan dan pelatihan penulisan puisi maupun cerpen.

Atas dasar itu, pada 14--15 Oktober 2009, HMJ BSI akan menggelar pelatihan penulisan puisi dan cerpen se-Sumut di Unimed.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan dan berbagai lomba yang digelar, akan kian memicu minat mahasiswa untuk menulis terutama penulisan yang berbau sastra," kata Budianto.

HMJ BSI Sumut pada awalnya dibentuk untuk menggairahkan minat mahasiswa dalam menulis. Pelopor dari HMJ BSI Sumut yakni lima perguruan tinggi; Unimed, USU, UISU, UMSU, dan HKBP Nomensen.

Budianti mengatakan kegiatan ini juga merupakan kegiatan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diajukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

"PKM kami ini disetujui dan didanai oleh Dirjen Dikti dengan total dana Rp38,5 juta untuk pelatihan penulisan cerpen dan puisi, perlombaan cipta cerpen dan puisi, dan pembukuan hasil karya mahasiswa yang layak dipublikasikan," ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Dani Sukma, mengatakan usai pelatihan penulisan puisi dan cerpen itu, selanjutnya pada 16--30 Oktober akan digelar perlombaan cipta cerpen dan puisi.

"Pembukuan hasil karya mahasiswa akan dilakukan pada November 2009. Dalam kegiatan ini kami mengundang sebelas perguruan tinggi, termasuk enam perguruan tinggi pelopor HMJBSI Sumut," kata dia.

Penggiat seni Kota Medan, Muklis Win Ariyoga, mengatakan sejak beberapa tahun belakangan ini karya sastra yang diciptakan oleh mahasiswa sangat minim.

"Ini terjadi karena sebagian mahasiswa beranggapan bersastra bukanlah hal yang dapat dijadikan pegangan untuk sukses dalam meniti hidup," ujarnya. n S-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 18 September 2009

No comments: