Sunday, November 01, 2009

Para Artis Gemetaran Baca Puisi Rendra

KEPERGIAN seniman besar W.S. Rendra menorehkan kesedihan mendalam di hati banyak orang. Untuk mengenang si Burung Merak, para artis, di antaranya Tamara Blezinsky, Wulan Guritno, dan Marcella Zalianty guyub membaca puisi dalam acara Indonesia Membaca Rendra di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat, Kamis (29-10) malam. Saat membacakan puisi Rendra yang dikenal kritis dan memihak rakyat banyak mereka tak hanya grogi tapi juga gemetaran. "Tadi saya agak grogi dan gemetaran pas baca puisinya," jelas Tamara saat ditemui di GKJ. Tamara mengakui kalau puisi-puisi Rendra memiliki bobot yang tinggi. Ia pun merasa bangga dipercaya membacakan puisi Sajak Sebatang Lisong di peringatan 100 hari meninggalnya Rendra itu.

Tamara mengungkapkan kalau dirinya sudah lama tidak membaca puisi. Sehingga saat diminta membacakan puisi Rendra, Tamara harus kembali berlatih banyak, tapi tetap saja grogi. Demikian pula artis Wulan Guritno. Meski sudah latihan di depan sang suami dan anaknya, Wulan mengaku masih gemetaran saat berada di atas panggung. Bersama Marcella dan Tamara, Wulan membacakan Sajak Sebatang Lisong. "Sudah empat tahun lebih nggak pernah tampil di atas panggung," kata artis yang baru kali pertama membaca puisi Rendra ini.

Wulan pun bangga mendapat kesempatan untuk membacakan puisi milik Rendra. Baginya, Rendra adalah seorang sastrawan terbesar di Indonesia.

Sementara itu, Marcella Zalianty juga merasa tersanjung mendapat kesempatan membacakan puisi Rendra. Perempuan yang dikabarkan menjalin kasih dengan pebalap Ananda Mikola itu mengaku hanya sempat latihan dua kali dan kurang percaya diri. "Namun, aku sangat bangga mendapat kesempatan untuk membacakan puisi W.S. Rendra. Karena beliau adalah pahlawan kebudayaan," ujar dia. n DTC/L-2

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 31 Oktober 2009

No comments: