Saturday, April 02, 2011

Obituari: Peter Sie, Pelopor Mode Indonesia, Meninggal Dunia

Jakarta, Kompas - Pelopor mode Indonesia, Peter Sie, meninggal dunia hari Jumat (1/4) pukul 05.00 di rumahnya di Tebet, Jakarta Selatan.

Jenazah Peter Sie disemayamkan di rumah duka di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat. Menurut staf Peter Sie, Susiana Sindhakara, rencananya jenazah dikremasi di Oasis Lestari, Tangerang, Minggu (3/4).

Peter Sie, kelahiran Bogor, 28 Desember 1929, belajar menjahit di Vakschool voor Kleermakers en Coupeurs (sekolah kejuruan untuk menjahit dan menggunting) di Den Haag, Belanda, 1948-1953.

Awalnya dia belajar membuat pakaian pria, tetapi kemudian lebih tertarik membuat pakaian perempuan.

Menurut perancang busana Harry Darsono dan Ketua Ikatan Perancang Mode Indonesia Sjamsidar Isa secara terpisah, sumbangan terbesar Peter Sie adalah memperkenalkan merancang busana sebagai profesi, hal yang saat itu belum dikenal luas.

Hingga akhir hayatnya Peter Sie tetap menekuni profesinya sehingga menjadi contoh kegigihan dan konsistensi profesi. Dia juga selalu menggunakan pekerjaan tangan dalam karyanya.

Peter Sie dikenal tulus mendukung semua pelaku industri mode Indonesia, perancang hingga wartawan, dan selalu hadir menghadiri pergelaran perancang muda sebelum sakit setahun terakhir menghalangi aktivitas fisiknya. (NMP)

Sumber: Kompas, Sabtu, 2 April 2011

No comments: