Tuesday, January 05, 2010

[Nama & Peristiwa] Lan Fang: Buku Anak-anak

PENULIS novel Lan Fang kali ini menulis buku untuk anak-anak berjudul Kisah Si Kembar Tiga. Menulis buku anak, kata perempuan kelahiran Banjarmasin, 5 Mei 1970, ini, tak semudah yang dia bayangkan.

Lan Fang (KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

Ia memerlukan waktu tiga tahun untuk menuliskan cerita yang diambil dari keseharian tiga anak kembar ini. Padahal, untuk menulis novel, ia bisa merampungkannya dalam beberapa bulan.

Kerumitan lain dalam buku untuk anak adalah ilustrasi. Ilustrator harus memahami pesan yang dimaksud penulis agar dapat memberikan ilustrasi yang sesuai.

Buku ini bercerita tentang anak kembar yang bermain bersama, bertengkar, berebut, berbagi, dan saling menyayangi. Semua itu dilukiskan dalam tiga subjudul, Ke Dokter Gigi, Remote Control, dan Hobi Si Kembar.

Dengan buku cerita anak ini, Lan Fang yang bermukim di Sidoarjo, Jawa Timur, ingin berkontribusi memberikan bacaan untuk anak. Oleh karena itu, dia berharap buku ini terjangkau semua anak dan budaya membaca bisa terbentuk.

Lan Fang, lulusan Fakultas Hukum Universitas Surabaya, telah menghasilkan novel remaja dan dewasa, seperti Pai Yin, Perempuan Kembang Jepun, dan Ciuman di Bawah Hujan. ”Dengan buku ini, saya bisa lebih mudah mengajak anak-anak TK atau SD untuk belajar menulis atau membaca.” (INA)

Sumber: Kompas, Selasa, 5 Januari 2010

No comments: