Monday, January 18, 2010

Akbar Tandjung: Gus Dur Politisi Sejati

[JAKARTA] Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung mengatakan, Indonesia membutuhkan sosok seperti mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di negeri ini. Gus Dur adalah politisi sejati yang memiliki komitmen untuk membangun nilai demokrasi yakni menghormati kesetaraan, toleransi, dan nondiskriminatif.

Sekitar 10.000 umat doa bersama lintas agama untuk mengenang wafatnya Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (17/1). Doa lintas agama diselenggarakan oleh Solidaritas Masyarakat Tionghoa Indonesia mengusulkan agar Gus Dur menjadi pahlawan nasional. (SP/Luther Ulag)

"Dia menempatkan bangsa Indonesia dihargai oleh dunia. Semasa hidupnya dia mengunjungi banyak negara dan memperkenalkan Indonesia sebagai negara besar yang majemuk, namun tetap bersatu dalam naungan Pancasila," kata Akbar di Jakarta, Minggu (17/1).

Lebih dari 10.000 orang memenuhi Istora untuk mendoakan Gus Dur. Mereka datang dari berbagai kalangan, agama, etnis, suku, dan status sosial dan doa dilakukan secara berantai yang dipimpin oleh para rohaniawan dari tujuh agama, yakni Islam, Katolik, Kristen, Buddha, Hindu, Konghucu dan Tao.

Sementara itu, putri mendiang Gus Dur Yenny Wahid mengatakan, tokoh itu akan tetap hidup dalam sanubari bila perjuangan dan cita-citanya semasa hidup tetap dipertahankan oleh semua orang. Sikap itu adalah toleransi antarumat beragama, menghilangkan kecurigaan dan menghargai perbedaan.

Dalam kesempatan ini, masyarakat Tionghoa Indonesia mendukung penuh upaya pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada mantan presiden ke-4 RI itu. [D-13]

Sumber: Suara Pembaruan, Senin, 18 Januari 2010

No comments: