Saturday, April 12, 2008

Obituari: Sastrawan Rustandi Kartakusuma Berpulang

JAKARTA, KOMPAS - Budayawan dan sastrawan angkatan 45, Mh Rustandi Kartakusuma (Uyus), meninggal dunia, Jumat (11/4) pukul 06.15 WIB di Panti Jompo Ria Pembangunan, Cibubur, dalam usia 87 tahun. Jenazah almarhum dimakamkan hari Jumat siang di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggun, Cibubur.

Perihal kebudayaan, ia sempat berpolemik dengan Sutan Takdir Alisjahbana.

Keponakan almarhum Rustandi, Igal Kartakusuma dan Ranti I Kartakusuma, mengatakan, almarhum sampai akhir hayatnya tidak beristri. Pada masa tuanya, sejak 13 November 1996 ia tinggal di Panti Jompo setelah sebelumnya menumpang di rumah kakaknya di Kebon Sayur, Jakarta.

Rustandi yang lahir di Ciamis, Jawa Barat, 20 Juli 1921, dikenal sebagai sastrawan yang produktif pada masa mudanya.

Selain mengajar di Yale University, Amerika Serikat, dan Harvard University, ia juga memberikan kuliah di Massachusetts Institute of Technology atas undangan Stichting voor Culturele Samenwerking. Ia sempat setahun di Belanda dan belajar musik di Muzieklyceum, Amsterdam.

Tahun 2004 ia mendapat penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Megawati Soekarnoputri atas jasanya mengembangkan kesusastraan dan kebudayaan Sunda. Rustandi juga mendapat penghargaan Sastra Rancage dari Yayasan Kebudayaan Rancage Ajip Rosidi atas kumpulan cerpennya. (NAL)

Sumber: Kompas, Sabtu, 12 April 2008

No comments: