Wednesday, April 23, 2008

Festival Pantun: Sejumlah Negara Ikut Serta

JAKARTA, KOMPAS - Sejumlah negara menyatakan ikut serta dalam Festival Pantun Serumpun Se-Asia Tenggara, 25-29 April di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Selain Malaysia dan Brunei Darussalam, Singapura juga ikut serta dalam festival itu.

Pemimpin Yayasan Panggung Melayu, Asrizal Nur, selaku penyelenggara, Selasa (22/4) di Jakarta, mengatakan, sejumlah daerah ikut serta dalam festival itu, seperti Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta.

Asrizal menjelaskan, selain lomba berbalas (peraduan) pantun, cerdas cermat pantun, dan berpantun terlama, juga ada belajar pantun cepat dan gratis bersama Tusiran Suseno bagi guru dan siswa SLTP/SLTA.

Dalam festival ini akan ditampilkan pula kesenian bernuansa pantun, seperti Madihin dari Banjarmasin, Tundang (Pantun dan Gendang) dari Pontianak, Tarsul dari Samarinda, Seni Berpantun dari Kota Tanjungpinang, Pantun dan Lagu dari Brunei Darussalam, serta Gambang Kromong dari DKI Jakarta. (NAL)

Sumber: Kompas, Rabu, 23 April 2008

No comments: