Monday, January 24, 2011

Buku soal SBY di SMP Tegal

Slawi, Kompas - Buku-buku yang memuat tentang sosok, pemikiran, dan kiprah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terdapat di sejumlah SMP di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Buku-buku itu didapat melalui bantuan dana alokasi khusus.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Dimyati memperlihatkan buku-buku yang memuat sosok, pemikiran, dan kiprah Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (22/1). Buku-buku itu didistribusikan ke sejumlah SMP di Kabupaten Tegal melalui bantuan dana alokasi khusus. Buku-buku tersebut diterima bersama dengan ratusan buku lainnya sebagai buku pendukung pelajaran. (KOMPAS/SIWI NURBIAJANTI)

Buku-buku itu diterima bersama dengan ratusan buku pendukung pelajaran lainnya. Beberapa SMP yang menerima buku itu antara lain SMP Islam Terpadu Lukman Al Hakim dan SMP Muhammadiyah Slawi.

Buku-buku tentang SBY itu terdapat 10 seri, yaitu Jendela Hati, Jalan Panjang Menuju Istana, Adil Tanpa Pandang Bulu, Indahnya Negeri Tanpa Kekerasan, Menata Kembali Kehidupan Bangsa, Peduli Kemiskinan, Memberdayakan Ekonomi Rakyat Kecil, Diplomasi Damai, Berbakti untuk Bumi, dan Merangkai Kata Menguntai Nada. Buku-buku itu diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya, Bandung, Jawa Barat.

Humas SMP Islam Terpadu Lukman Al Hakim, Pilih Triwibowo, Sabtu (22/1), mengatakan, enam buku pertama ada dalam satu paket dengan buku pendukung mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sedangkan Merangkai Kata Menguntai Nada satu paket dengan buku pendukung mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia. Buku-buku itu ada dalam kemasan dus dan saat dibuka ada di posisi paling atas. Buku-buku itu diterima awal Januari lalu. Hingga saat ini, pihaknya masih mendata dan menginventaris semua buku bantuan yang diterima.

Rencananya, buku-buku itu akan disimpan di perpustakaan untuk bacaan dan dipinjamkan kepada siswa. ”Sebagai sekolah yang masih butuh buku bacaan, sekolah terima saja karena ini bantuan pusat,” katanya.

Kepala SMP Muhammadiyah Slawi yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Tegal, Faizin, mengatakan, sekolahnya juga mendapat buku-buku serupa juga buku lainnya. Jumlah buku yang diterima 1.956 ekslempar, terdiri dari 968 judul.

Dia mengatakan tak tahu buku itu dikirimkan oleh dinas pendidikan tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten, atau dari pusat. Baru setelah menghubungi dinas pendidikan tingkat kabupaten dia mengetahui buku itu dari bantuan dana alokasi khusus.

Tanda tanya

Bantuan buku itu sempat menimbulkan tanda tanya bagi dirinya dan beberapa kepala SMP penerima lainnya. Hal itu karena sebelumnya mereka tidak pernah mendapatkan sosialisasi rencana pemberian bantuan buku.

Pengiriman buku itu juga tidak disertai keterangan nilai nominal bantuan. Meskipun demikian, pihaknya tetap menerima buku- buku bantuan itu karena perpustakaannya butuh tambahan buku.

Catatan harian Dino

Junaedi, guru salah satu madrasah tsanawiyah swasta di Tegal, yang dihubungi dari Jakarta, Jumat, mengatakan, di sekolah tempatnya mengajar menerima buku tentang sosok SBY bertajuk ”Harus Bisa! Seni Memimpin ala SBY”.

Buku itu adalah catatan harian yang ditulis Dino Patti Djalal. Buku itu didapatkan secara gratis. ”Sekitar akhir tahun lalu buku itu dikirim ke sekolah. Staf kami menerima dan meletakkannya di perpustakaan. Di dalamnya banyak gambar dan puji-pujian kepada SBY,” katanya.

Rohmani, anggota Komisi X DPR, mengatakan, saat dia melakukan kunjungan kerja di Tegal juga menemukan buku seri SBY yang disalurkan ke sekolah-sekolah SMP. ”Dari keterangan yang saya dapat, buku itu dibeli dari dana alokasi khusus,” ujarnya.

(WIE/ELN/vivanews.com)

Sumber: Kompas, Senin, 24 Januari 2011

No comments: