Monday, February 08, 2010

Program Pendidikan: Membantu Perpustakaan Masyarakat Jabodetabek

DANA Kemanusiaan Kompas yang bekerja sama dengan perusahaan konsultan Accenture membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka atas bacaan, berupa beragam buku di perpustakaan-perpustakaan di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok atau Jabodetabek.

Penerima bantuan buku perpustakaan bersama relawan DKK berfoto bersama CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo (kelima dari kanan) dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikard Bagun (keempat dari kiri) serta Senior Director Accenture Utoyo Nurtanio saat peluncuran Buku untuk Semua bantuan DKK, Kamis (21/1). (SUGIYANTO)

Pemberian bantuan perpustakaan dan renovasi bangunan itu akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2010. Pada tahun ini, ditargetkan 200 perpustakaan di seluruh Tanah Air dapat dibantu DKK menggunakan dana bantuan dari pembaca Kompas dan para pihak yang peduli.

Proyek ”Buku untuk Semua” ini merupakan penjabaran dari program pendidikan DKK, selain program penanggulangan bencana alam dan kesehatan yang selama ini dijalankan. Penyaluran buku dan renovasi perpustakaan di Jabodetabek itu mengerahkan relawan yang berasal dari komunitas-komunitas yang ada di lingkungan Kompas Gramedia dan masyarakat.

”Para relawan

terlibat mulai dari survei calon perpustakaan penerima bantuan hingga penyerahan buku. Kami berterima kasih untuk semua,” kata Nugroho F Yudho, General Manager Humas Kompas Gramedia, di sela-sela peluncuran buku ke perpustakaan-perpustakaan penerima sumbangan, Kamis, 21 Januari 2010.

Acara peluncuran ”Buku untuk Semua” yang berlangsung di halaman depan Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, selain dihadiri sejumlah pimpinan Accenture, antara lain Country Managing Director Accenture Julianto Sidarto, juga sejumlah jajaran pimpinan di lingkungan Kompas Gramedia. Mereka di antaranya adalah CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikard Bagun yang melepas peluncuran iring-iringan kendaraan pengangkut buku menuju perpustakaan penerima bantuan.

Para relawan DKK dan para pengelola perpustakaan penerima bantuan juga hadir. Agung Adiprasetyo dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena terkait dengan penyediaan sumber daya manusia. Di era perdagangan bebas sekarang ini, peningkatan sumber daya manusia mutlak diperlukan. Salah satu caranya dengan meningkatkan pengetahuan lewat membaca buku-buku yang bermanfaat.

Buku-buku yang disumbangkan, selain dibeli dari buku-buku terbitan Kompas Gramedia, juga terbitan dari luar. Sebagian besar buku adalah buku ”bagaimana untuk” (how to), misalnya bagaimana beternak yang baik dan cepat mendatangkan untung, bagaimana teknik memperbaiki elektronik dan kendaraan (otomotif), serta buku masak-memasak. Sisanya buku cerita untuk anak-anak, komik, dan novel yang mendidik.

Perpustakaan yang mendapat bantuan buku dan perbaikan pada tahap pertama adalah 20 perpustakaan yang tersebar di Jabodetabek, termasuk perpustakaan Pasir Maung Mandiri di Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Bogor. Tahap berikutnya, 30 perpustakaan akan mendapat bantuan yang sama. Setiap perpustakaan mendapat bantuan sekitar 1.300 buku.

Berikutnya, pada tahun 2010, DKK menargetkan 200 perpustakaan di berbagai daerah, termasuk luar Jawa, dapat diperbaiki dan diberi bantuan buku serta pelatihan bagaimana mengelola perpustakaan yang baik.

(M NASIR)



Daftar Perpustakaan yang Mendapat Bantuan Tahap Pertama

• 1. Taman Baca Mandiri di Jalan Raya Keadilan RT 03/12 Rawa Denok, Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas, Depok.

• 2. Taman Baca Tanjung Pasir di RT 01/02 Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

• 3. Taman Baca Rw 02, Jalan R Sanim RT 02/02 Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok.

• 4. Taman Baca Jendela Ilmu di Kampung Sawah RW 01, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

• 5. Taman Baca Bacang di Jalan H Sibi, Kampung Sawah, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

• 6. Pasir Maung Mandiri di Kampung Dago Rabak RT 01/03 Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Bogor.

• 7. Taman Baca RW 015 di Sekatak Raya No 1 Depok Timur.

• 8. Taman Baca Teras Tiga di RT 03/11, Vila Dago Tol, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

• 9. Taman Baca Muffidah di Kompleks Dep Agama Blok 16 E2, RT 04/02 Bambu Apus, Pamulang, Tangerang.

• 10. Bimbel Children di RT 14/08 No 4 Jatinegara, Jakarta Timur.

• 11. TB Alhidayah di Jalan Dr Saharjo, Swadaya VII RT 13/08, Maggarai, Jakarta Selatan.

• 12. Perpustakaan Griya Baru di Jalan Antasena 29 RT 05/28, Pengasinan, Rawa Lumbu, Bekasi Timur.

• 13. Taman Baca Warung MTB di Jalan Raya Jati Asih Gg H Gajo No 41 Kampung Kebantenan RT 06/05 Bekasi.

• 14. Taman Baca Alrasyid di Jalan Bukit Indah Blok D 17 No 1 RT 04/06, Desa Serua Ciputat, Tangerang Selatan.

• 15. Taman Baca Iqro di RW 5 Kelurahan Karawaci Baru, Tangerang.

• 16. Perpustakaan Bougenville di Jalan Masjid II RT 02/08.

• 17. Sanggar Paseban di Jalan Kramat Sawah IV B, Kecamatan Senin, Jakarta Pusat.

• 18. Perpustakaan Tunas Bangsa di Perumahan Pondok Surya Blok D/8 RT 08/11 Karang Tengah, Tangerang.

• 19. Perpus RW12 Perum Bekasi Timur Permai Blok C/6 RT 06/12 Jalan Nakula Sadewa I, Desa Setia Mekar, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi.

• 20. Sanggar Bumi Taman di Jalan SMP 126 Gg Mede RT 05/03 No 105, Kelurahan Tengah, Condet, Jakarta Timur.

Sumber: Kompas, Senin, 8 Februari 2010

No comments: