Sunday, August 03, 2008

Pustaka: Bagaimana Mengajarkan Sejarah

BAGI sebagian siswa, pelajaran sejarah yang identik dengan hafalan menjadi mata pelajaran yang membosankan. Meskipun disebut ”ibu” atau ”ratu” ilmu-ilmu sosial, ilmu sejarah yang pada hakikatnya mempelajari segala aspek perubahan kehidupan manusia dirasakan kurang menarik. Menjadi tantangan bagi guru untuk menjadikan sejarah sebagai ilmu yang diminati dan disukai untuk dipelajari.

Buku ini sejatinya merupakan buku yang dijadikan panduan bagi guru di India untuk mempelajari sejarah perkembangan peradaban bangsa India setelah sistem pendidikan dan kurikulum ditata ulang kembali. Efisiensi pembelajaran sejarah tentu saja sangat bergantung pada kompetensi dan profesionalisme seorang guru. Oleh karena itu, guru harus menguasai materi serta metodologi dari tata cara pembelajaran yang mutakhir.

Sebagai panduan, buku ini sangat lengkap karena membahas hampir semua aspek pembelajaran sejarah. Dalam buku ini terungkap bahwa sejarah tidak hanya mempelajari fenomena yang selalu berhubungan dengan masa lampau, tetapi peristiwa aktual sebagai sejarah yang sedang berlangsung pun harus menjadi bagian dalam aktivitas pembelajaran. Bahkan, bagi guru sejarah, pengetahuan tentang peristiwa aktual merupakan keharusan profesional. Diskusi tentang isu-isu kontroversial juga diperlukan dalam proses pembelajaran ini. Ulasan menarik tentang hubungan ilmu sejarah dengan bidang studi lain serta bahasan mendalam mengenai apa yang seharusnya dilakukan seorang guru sejarah juga akan kita temukan. Untuk mempermudah pemahaman, pada setiap bab juga diberikan ringkasan serta evaluasi agar dapat diketahui apakah materi yang telah dipelajari sudah dikuasai. (DEW/ Litbang Kompas)

Sumber: Kompas, Minggu, 3 Agustus 2008

No comments: