Wednesday, August 06, 2008

Arini Juara Bercerita

[JAKARTA] Minat baca yang dipupuk sejak kecil sangat diperlukan untuk menumbuhkan kreativitas dan kemampuan anak-anak dalam berprestasi di lingkungan sekolah ataupun dalam lingkungan masyarakat.

Arini Raudatul Jannah (Didit Majalolo)

Peran perpustakaan yang sudah tersedia diharapkan dapat memberikan manfaat yang berguna sebagai bekal anak dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Minat membaca harus ditanamkan sejak masa kanak-kanak, agar sang anak menjadi terbiasa menumbuhkembangkan minat baca. Biasanya, anak yang rajin membaca akan cerdas dan mampu berprestasi," kata Kepala Perpustakaan Nasional, Dady P Rachmananta, kepada SP, di sela-sela pengumuman pemenang lomba bercerita siswa sekolah dasar tingkat nasional, Selasa (5/8), di Jakarta.

Sementara itu, dalam hasil yang dibacakan pihak panitia, peserta asal Jawa Barat yang duduk di bangku kelas lima SD Benda 1, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Arini Raudatul Jannah, berhasil merebut posisi juara pertama setelah membawakan materi cerita pahlawan Dewi Sartika.

Pembina Arini, Tati Suryati, mengungkapkan, anak asuhnya sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum lomba bercerita tingkat nasional ini.

Tuti yang juga aktif sebagai anggota tim pembina dongeng anak Kota Tasikmalaya menjelaskan, di tingkat provinsi Arini menjuarai lomba mendongeng bahasa Sunda. Arini mengaku mempunyai hobi membaca yang ditanamkan oleh orangtuanya sejak masuk SD.

Peserta asal Yogyakarta, Alia, dan Sulawesi Utara, Fauziah, juga tampil maksimal dengan berhasil merebut posisi dua dan tiga. Mereka membawakan cerita tokoh pahlawan Teuku Tjik Di Tiro dan Agus Salim. [YRS/S-26]

Sumber: Suara Pembaruan, Rabu, 6 Agustus 2008

No comments: