Sunday, August 03, 2008

Pustaka: Membukukan Wikipedia

-- Dwi Fitria

SIAPA tak kenal Wikipedia, konsepnya yang membiarkan penggunanya mencari, atau menambahkan sendiri informasi untuk sebuah entry membuat kesahihan data yang ditampilkan ensikopedi gratis ini kerap dipertanyakan.

Meskipun demikian, Wikipedia tetap banyak digunakan orang. Kepopulerannya yang besar membuat sebuah perusahaan penerbitan di Jerman meluncurkan sebuah buku yang memuat entry-entry Wikipedia terpopuler di Jerman.

Ada sekitar 50 ribu entry dalam Wikipedia versi buku ini, dan merupakan hasil kompilasi informasi yang paling banyak dicari orang di Jerman. Di antaranya Carla Bruni, model internasional yang menjadi Ibu negara Prancis setelah menikah dengan Presiden Prancis Nicholas Sarkozy, Playstation 3, serial televisi House.

Menurut Beate Varnhorn, direktur Bertelsman Lexicon yang menerbitkan Wikipedia versi buku ini, Wikipedia telah menjadi semacam "dokumen yang merekam zeitgeist, kondisi zaman."

Setiap entry yang menjadi bagian buku ini telah dipersingkat, dan data-datanya diperiksa ulang. Versi buku Wikipedia ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak menggunakan ensiklopedi gratis ini secara online.

Buku ini akan dilempar ke pasaran bulan September mendatang, dan dihargai 19.95 Euro (sekitar Rp285.000)

(Guardian/Devi)

Sumber: Jurnal Nasional, Minggu, 03 Agt 2008

No comments: