Sunday, November 30, 2008

Sejarah Perjuangan: Mensos Resmikan Monumen Peta di Blitar

Kediri, Kompas - Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah meresmikan Monumen Pembela Tanah Air di Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (29/11). Peresmian ini merupakan acara puncak serangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional yang diselenggarakan Departemen Sosial tahun 2008.

Acara tersebut dihadiri Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault, serta sejumlah tokoh pejuang kemerdekaan dan remaja berprestasi di Tanah Air.

Monumen berbentuk patung tujuh pejuang Pembela Tanah Air (Peta) itu berlokasi di kompleks bangunan bekas MULO, yang kemudian digunakan sebagai asrama tentara Peta di Blitar.

Menurut Bachtiar, keberadaan Monumen Peta memiliki arti yang sangat penting. ”Tidak saja bagi masyarakat Blitar, tetapi juga bagi bangsa Indonesia pada umumnya,” katanya.

Monumen tersebut, lanjut Bachtiar, akan mengingatkan generasi sekarang dan generasi yang akan datang mengenai arti penting perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan dalam membangun bangsa ini.

Pada kesempatan serupa, Wali Kota Blitar Djarot Syaiful Hidayat mengatakan, Monumen Peta merupakan bagian dari upaya masyarakat Blitar melaksanakan pesan Bung Karno, yakni jangan melupakan sejarah, jangan melupakan pahlawan-pahlawan bangsa. (NIK)

Sumber: Kompas, Minggu, 30 November 2008

No comments: