Tuesday, June 30, 2009

Penerbitan Buku Islam Terus Bertumbuh

Jakarta, Kompas - Penerbitan buku-buku bertema Islam terus bertumbuh. Sebagian besar yang diterbitkan berupa buku terjemahan, terutama karya-karya penulis Timur Tengah.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Pameran dan Sarana Usaha Ikatan Penerbit Indonesia Kota Jakarta sekaligus mantan Ketua Islamic Book Fair 2009 M Anis Baswedan, Senin (29/6).

”Terbitan buku bertema Islam di Jakarta sekitar 1.200 judul per bulan. Sekarang yang sedang tren buku pegangan, referensi, dan beragam buku pegangan praktis,” ujar Anis yang juga mengelola Penerbitan Akbar Media Ekasarana seusai seminar bertema ”Kontroversi Copy Right Buku Terjemahan Timur Tengah”. Seminar tersebut merupakan rangkaian dari acara Pesta Buku Jakarta 2009 yang berlangsung 27 Juni hingga 5 Juli mendatang.

Koordinator Kompartemen Promosi dan Minat Baca IKAPI Pusat Robinson Rusdi menambahkan, booming buku-buku bernuansa Islam terjadi semenjak reformasi. ”Sebelumnya sudah ada, tetapi tidak sebanyak sekarang. Pada masa krisis, orang ingin punya pegangan dan kembali kepada Tuhan. Muncul penerbit yang ingin menerbitkan buku yang intinya bagaimana Islam dan agama bisa membantu dalam kehidupan di tengah krisis. Belakangan, pertumbuhan judul buku bernuansa Islam diperkirakan 20 persen per tahun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah penerbit juga bertambah seiring dengan tingginya peminat. Penerbit buku bertema Islam di Jakarta dan sekitarnya 157 penerbit dari total jumlah anggota IKAPI Jakarta sekitar 300 anggota. Namun, sejauh ini karya terjemahan masih lebih dominan, yakni sekitar 80 persen, terutama karya penulis dari Arab Saudi dan Mesir. (INE)

Sumber: Kompas, Rabu, 1 Juli 2009

No comments: