Saturday, June 06, 2009

Miss Indonesia 2009 Kerenina Sunny Halim Kurang Lancar Berbahasa Indonesia

[JAKARTA] Mahkota Miss Indonesia 2009 jatuh ke kontestan DKI Jakarta, Kerenina Sunny Halim (Nina). Ia berhasil menyingkirkan 32 finalis lewat penyeleksian yang ketat dan memenuhi kriteria BE SHE (Beauty, Smart Healthy, Eastern value). Sementara itu, posisi runner up 1 diraih oleh Melati Putri Kusuma Dewi (Putri) dari Sulawesi Barat dan runner up 2 ditempati Viviane (Vivi) asal Bali.

Miss World 2008 Ksenia Sukhinova (kiri) bersama Miss Indonesia 2008 Sandra Angelia (ketiga dari kiri) menyematkan mahkota kepada finalis asal DKI Jakarta Kerenina Sunny Halim (kedua dari kiri) setelah berhasil menjadi "Miss Indonesia 2009" di Jakarta, Jumat (5/6) malam. (Abimanyu)

Memasuki babak sepuluh dan lima besar, Nina selalu menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan bahasa Inggris. Perempuan kelahiran Jakarta 13 Juni1986 itu mengakui masih kurang lancar dalam berbahasa Indonesia, karena dibesarkan di Amerika Serikat. Namun, ia kembali dan kuliah di Jakarta pada tahun 2004.

Walaupun demikian, saat babak tiga besar, jawaban Nina atas pertanyaan yang diajukan oleh pemandu acara Tantowi Yahya dan Indah Pelapory, cukup meyakinkan dewan juri. Dengan pertanyaan, "Seandainya Anda pemerintah, apa yang Anda lakukan terhadap tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri dan dipulangkan, sedangkan tingkat pengangguran di negara sendiri semakin meningkat?"

Nina yang aktif mengajar di sebuah SMP di Jakarta itu, menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan, akan memberikan kesempatan pengembangan kualitas tenaga kerja Indonesia setara dengan pekerja di luar negeri. Sementara itu kontestan lainnya, yakni Putri mengatakan, menciptakan lapangan kerja lebih banyak lagi, sedangkan Vivi bertutur, memberikan perlindungan kepada tenaga kerja.

Dengan terpilihnya Nina, ia berhak atas hadiah sebesar Rp 50 juta. Tugas Miss Indonesia pun sudah ada dipundak dan akan diteruskannya.

"Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa menang. Bahagia sekali rasanya menjadi Miss Indonesia 2009 yang akan mewakili negara ini. Tentunya tugas semakin berat, terutama ke depan saya akan memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang patut untuk dikunjungi sebagai tempat pariwisata, karena alamnya indah dan beragam kebudayaan," ujar Nina di Jakarta Convention Center Plenary Hall, Jumat (5/6), saat malam puncak pemilihan Miss Indonesia 2009.

Rencananya, pada hari Minggu (7/6), Nina bersama Miss World 2008 asal Rusia, Ksenia Sukhinova, yang datang ke Jakarta untuk menghadiri pemilihan Miss Indonesia 2009, akan terbang ke Vietnam dalam acara amal dunia. Di sana, mereka akan berkumpul dengan Miss-Miss negara lainnya.

Kulit Tercantik

Pemilihan Miss Indonesia juga memberikan penghargaan lainnya, yakni Miss Kulit Tercantik diraih Viviane (Bali), Miss Tubuh Sehat Leida Margaretha (Sumatera Selatan), Miss Rambut Terindah Dias Agata (Kepulauan Riau), Miss Sporty Lani Karma (Sulawesi Utara), Miss Persahabatan Nadia Adeline (Papua) dan Miss Favorit Thirzza Puspita Chandra (Kalimantan Barat).

Mereka terpilih berdasarkan penilaian dewan juri pemilihan Miss Indonesia 2009, yaitu Liliana Tanoesoedibjo, Darwis Triadi, Harry Darsono, Raam Punjabi, Martha Tilaar, Kamidia Radisti, dan Rudi Hadisuwarno.

Acara malam puncak pemilihan Miss Indonesia 2009 ini dimeriahkan oleh artis papan atas yang membawakan lagu-lagu pilihan. Afgan menyanyikan lagu Terima Kasih Cinta dan Bukan Cinta Biasa. Sementara itu band Ungu melantunkan Hampa Hatiku, Cinta Dalam Hati, dan Tercipta Untukku serta Peterpan menembangkan Kisah Cintaku, Tak Ada yang Abadi, dan Walau Habis Terang. Para musisi itu pun terlihat berbeda dari biasanya yang cenderung kasual. Di ajang yang menampilkan perempuan-perempuan cantik tersebut, para musisi itu berbusana lebih rapi dan elegan, dengan memakai jas, bahkan dasi. [HDS/N-5]

Sumber: Suara Pembaruan, Sabtu, 6 Juni 2009

No comments: