Sunday, June 14, 2009

Buku: Berguru pada Karya Wartawan Profesional

Judul: Menuju Jurnalisme Berkualitas, Kumpulan Karya Finalis & Pemenang Mochtar Lubis Award 2008
Penyunting: Ignatius Haryanto
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, LSPP, dan Open Society Institute, Jakarta
Cetakan pertama: April 2009

TAK diragukan, sebanyak 25 karya jurnalisme yang terhimpun dalam buku Menuju Jurnalisme Berkualitas, tergolong buku sejarah harian yang benar-benar dapat dijadikan guru terbaik. Sebanyak 15 berita khas (feature news) merupakan karya jitu para wartawan profesional yang bekerja di media massa cetak yang dikelola secara profesional pula. Ke-15 berita bagus ini terdiri dari lima karya wartawan koran Kompas, tiga karya wartawan MBM Tempo, sedangkan delapan berita khas lainnya karya wartawan koran Pikiran Rakyat Bandung, MBM Gatra, majalah Aceh Kini Banda Aceh, koran mingguan Medan Bisnis Medan, koran Borneo Tribun Pontianak, majalah Arti Jakarta, dan majalah Angkasa Jakarta.

Empat dari lima foto berita unggulan merupakan karya para wartawan foto Kompas, sedangkan satu foto lainnya karya wartawan tabloid harian Koran Tempo Jakarta. Empat berita khas lainnya merupakan karya tim wartawan SCTV dan ANTV (masing-masing dua berita), sedangkan satu berita khas lainnya hasil kerja keras tim wartawan TV berlangganan Astro. Anehnya, pemenangnya ada dua, yakni tim wartawan Astro dan ANTV. Meskipun lomba itu bernama Mochtar Lubis Award 2008, ternyata sebagian karya tersebut diterbitkan/ditayangkan pada tahun 2007.

Ke-25 karya jurnalisme dalam buku ini merupakan hasil seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh para juri yang benar-benar berkompeten, profesional, dan tepercaya. Mereka menyeleksi ratusan karya jurnalisme yang tergolong baik. Lalu terpilihlah 25 karya yang sangat baik untuk lima kategori (Pelayanan Publik, Tulisan Feature, Pelaporan Investigasi, Foto Jurnalistik, dan Liputan Mendalam Jurnalisme Televisi). Di setiap kategori dari lima karya unggulan, terpilihlah satu karya terbaik. Ini merupakan kumpulan karya para wartawan profesional yang disertakan dalam lomba karya jurnalisme Mochtar Lubis Award 2008, yang diselenggarakan pertama kali oleh LSPP Jakarta.

S Sahala Tua Saragih
, wartawan (1978-2002) dan dosen Jurusan Jurnalistik, Fikom Unpad (1987-sekarang)

Sumber: Suara Pembaruan, Minggu, 14 Juni 2009

No comments: