Saturday, January 03, 2009

Study Teater 24, Grup Terbaik FTJ

Jakarta, ANTARA - Kelompok Study Teater 24, Selasa (30/12) malam di Jakarta, meraih gelar grup terbaik dalam Festival Teater Jakarta 2008 yang berlangsung di Kompleks Taman Ismail Marzuki, 19-28 Desember.

Kelompok ini juga memenangi sejumlah kategori lain yang dilombakan dalam Festival Teater Jakarta (FTJ) 2008, yakni pemenang penata musik terbaik oleh Bujang Lapuk Band, pemenang pembantu pria terbaik oleh Irman Nisha, dan pemenang pemeran utama wanita terbaik oleh Reni KH.

Study Teater 24 pada tahun lalu adalah grup favorit dan salah satu anggotanya, Irman Nisha, sebagai penata artistik terbaik.

Dalam FTJ 2008, kelompok teater ini unggul dari 15 kelompok lainnya yang berasal dari lima wilayah administratif DKI Jakarta. Study Teater 24 mementaskan lakon Sayang Ada Orang Lain yang ditulis oleh Utuy Tatang Sontani dan disutradarai Rizal Nasty.

Ketua Panitia FTJ 2008 Manahan Hutauruk dalam pidatonya mengungkapkan, tahun ini FTJ meningkat dari segi kualitas, khususnya bila dilihat dari kreativitas insan teater dalam menciptakan karya-karya orisinal berupa naskah yang disutradarai anggota kelompoknya dan dipentaskan dalam lomba.

”Animo penonton sangat bagus. Jumlah penontonnya naik 50 persen daripada tahun lalu,” kata Manahan.

FTJ 2008 diikuti 16 peserta. Dewan juri dalam festival kali ini adalah Putu Wijaya, Jajang C Noer, Embi C Noer, Aldisar Syafar, dan Dolorosa Sinaga.

Tahun ini FTJ memasuki penyelenggaraan yang ke-36. Sejak pertama kali FTJ digelar tahun 1973, festival ini telah menampilkan lebih dari 188 pertunjukan dan 1.500 kelompok peserta.

Pemenang FTJ 2008, antara lain, adalah pemenang naskah drama asli terbaik: Dicky Soemarno (Teater Nonton), Dayo PA (Teater Indonesia), dan T Rifnu Wikana (Teater 21 April).

Pemenang penata musik terbaik adalah Bujang Lapuk Band (Study Teater 24). Pemenang penata artistik terbaik adalah Irman Nisha (Study Teater 24).

Pemenang pemeran utama pria terbaik: Maulana Firdaus (Teater Kodok). Pemenang pemeran utama wanita terbaik: Reni KH (Study Teater 24).

Pemenang sutradara terbaik: Erent Mode (Teater Mode). Pemenang grup dipujikan: Teater Nonton. Pemenang grup favorit: Teater Kodok. Pemenang grup terbaik: Teater Study 24. (THY)

Sumber: Kompas, Sabtu, 3 Januari 2009

1 comment:

mabung said...

ada kesalahan pada media yang mencantumkan pemenang pemeran pria pembantu terbaik.