Tuesday, December 21, 2010

[Nama & Peristiwa] Fira Basuki: Novel Baru

FIRA Basuki (38) sedang sibuk mempromosikan novel terbarunya, Kapitan Pedang Panjang. Hari Sabtu (18/12), Fira ada di Surabaya untuk promosi novelnya yang ke-22 itu, sekaligus menjadi pembicara pada ajang ”Inspirasi Penulis MuDA” di acara Kompas MuDA 4th Anniversary di Universitas Airlangga, Surabaya.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Kapitan Pedang Panjang berkisah tentang sebuah pedang yang mencari sendiri pemiliknya. Tokohnya bernama Jagad dan Laras,” kata penulis novel produktif seperti Atap dan Langit ini.

Menurut sejumlah pembaca, novel baru Fira itu lebih serius dibanding novel-novel sebelumnya.

”Tapi kalau menulis, aku itu, ya, menulis saja. Memang banyak yang bilang novel ini beda dari novel sebelumnya. Soalnya, tokohnya pria, biarpun di Pintu tokohnya juga pria. Tapi kali ini Jawa, ningrat, petualang, dan jadi pelaut,” katanya.

Tentang tokoh yang dikisahkan sebagai pelaut ini, Fira yang juga cucu seorang pelaut itu memang ingin membuat novel tentang pelaut.

”Aku hanya ingin menyampaikan, banyak orang lupa pada akarnya,” kata Fira.

Contohnya, banyak orang yang ditanya tentang I La Galigo tidak tahu. ”Aku sedih banget. Aku pernah 12 tahun di Amerika, tapi tetap bisa bahasa Jawa. Aku tahu budayaku dan budaya Nusantara yang lain seperti I La Galigo itu.” (DOE)

Sumber: Kompas, Selasa, 21 Desember 2010

1 comment:

BeLLy Blog's said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)