Monday, September 20, 2010

Pendidikan: 8 PTN Indonesia Masuk Top Dunia

Jakarta, Kompas - Sebanyak delapan perguruan tinggi negeri Indonesia masuk daftar top universitas dunia tahun 2010 yang dikeluarkan QS World University Rankings. Universitas Indonesia di posisi ke-236, merupakan satu-satunya PTN Indonesia yang masuk dalam jajaran 300 top universitas di dunia.

Perguruan tinggi lain yang masuk adalah Universitas Gadjah Mada (321), Institut Teknologi Bandung (401-450), Universitas Airlangga (451-500), dan Institut Pertanian Bogor (501-550). Adapun Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya masuk dalam jajaran 601+.

Posisi beberapa universitas tahun ini melorot dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, UI berada di posisi ke-201 top dunia. Di tingkat ASEAN, UI berada di peringkat keenam. Adapun UGM tahun lalu di posisi ke-250. Sementara IPB meningkat.

Namun, beberapa bidang ilmu di sejumlah universitas Indonesia bisa masuk 100 top dunia. Ilmu sosial UI berada di posisi ke-95 dunia. Yang lainnya bidang teknik dan teknologi informasi ITB di urutan ke-93 dunia.

Pada tahun ini, peringkat pertama top dunia yang sejak tahun 2004 dipegang Universitas Harvard, Amerika Serikat, mulai bergeser. Peringkat satu dunia digantikan Universitas Cambridge, Inggris.

Kementerian Pendidikan Nasional memiliki program untuk terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi Indonesia menjadi berkelas dunia. Salah satu programnya adalah mendorong semakin banyaknya penelitian yang bisa masuk dalam jurnal ilmiah internasional.

Evaluasi prestasi universitas, antara lain melihat kualitas penelitian, rasio mahasiswa terhadap staf pengajar, dan kesiapan lulusan masuk dunia kerja. Selain itu juga dilihat jumlah publikasi staf pengajar, jumlah mahasiswa asing sekitar 2,5 persen, dan jumlah dosen yang mengajar ke luar negeri.

Ben Sowter, pemimpin peneliti QS, mengatakan, tak seperti sistem peringkat lain yang bergantung pada indikator statistik penelitian universitas, QS juga menghitung lagi jumlah pekerja dan akademisi yang merefleksikan daya tarik besar bagi pelajar dan orangtua. Peringkat QS merefleksikan persaingan yang ketat di kalangan perguruan tinggi global. (ELN)

Sumber: Kompas, Senin, 20 September 2010

No comments: