Friday, March 14, 2008

Bahasa: UI Dirikan Lembaga Bahasa Internasional

JAKARTA, KOMPAS - Minat orang asing belajar bahasa Indonesia dan minat orang Indonesia belajar bahasa asing di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia cenderung meningkat. Karena itu, setelah berpengalaman 24 tahun memberikan pelayanan tentang bahasa dan budaya, Kamis (13/3) di Jakarta, FIB UI meluncurkan institusi baru bernama Lembaga Bahasa Internasional atau LBI.

Direktur LBI FIB UI Sisilia S Halimi mengatakan, LBI merupakan institusi yang sangat strategis untuk memberikan pelayanan kebahasaan sekaligus menyiapkan, mengembangkan, dan menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam kebahasaan. ”Dengan keberadaan institusi ini ke depan, rencana UI menjadi perguruan tinggi kelas dunia semakin mantap dan diperhitungkan,” katanya.

Pada tahun-tahun pertama, jumlah orang asing yang belajar bahasa Indonesia di UI sekitar 50 orang per semester, tetapi kini telah mencapai 150 orang per semester.

Sisilia menjelaskan, LBI kini menaungi program bahasa Indonesia bagi penutur asing (Indonesian language program), program pelayanan bahasa, dan program pengembangan penerjemahan.

Manajer Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Irsanti mengatakan, BIPA bertujuan mempersiapkan peserta program agar mereka mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar secara aktif, baik tulis maupun lisan.

Penerjemah ahli Benny H Hoed mengatakan, penerjemah sudah merupakan profesi yang cukup menjanjikan secara finansial. Namun, untuk menjadi penerjemah yang baik, dibutuhkan kemampuan profesional yang tinggi dan moral yang baik. (NAL)

Sumber: Kompas, Jumat, 14 Maret 2008

No comments: