Tuesday, February 24, 2009

[Sosok] Sapardi Djoko Damono: Gara-gara Facebook

PENYAIR Sapardi Djoko Damono (68) sempat pusing gara- gara Facebook. Baru sebulan diluncurkan, wahana interaksi dunia maya itu kebanjiran 1.500 orang mengantre mau ditambahkan sebagai teman.

”Padahal, waktu itu mengoperasikannya saja saya belum bisa. Lha wong Facebook itu yang membuatkan cucu saya,” tuturnya seusai acara obrolan sore sembari minum kopi ”Menulis Puisi Cinta Bersama Sapardi Djoko Damono” di Yogyakarta, Sabtu (21/2).

Alhasil, banyak permintaan tak terlayani. Facebook baru tergarap saat cucunya yang duduk di kelas V SD berkunjung.

”Saya benar-benar minta maaf karena banyak yang belum terlayani,” ujar Sapardi yang mulai mempelajari Facebook di waktu senggangnya.

Meski sempat pusing, ia merasa diuntungkan dengan ”keajaiban” Facebook. Berkat aplikasi itu, buku terbarunya, Syair Inul, bisa diterbitkan. Rencananya, Syair Inul diluncurkan bulan depan bersama buku kumpulan puisinya yang lain, Kolam di Pekarangan.

”Saat akan diterbitkan, naskah puisi Syair Inul malah hilang. Lalu saya coba-coba umumkan di Facebook. Eh, kurang dari dua jam, ada orang yang ngirim naskah itu. Rupanya, dia mencatatnya saat puisi itu dibacakan dulu,” kata Sapardi tersenyum lega. (IRE)

Sumber: Kompas, Selasa, 24 Februari 2009

No comments: