Thursday, May 22, 2008

WS Rendra: Tentang Bang Ali

BUDAYAWAN WS Rendra terkesan dengan gaya kepemimpinan almarhum Ali Sadikin. Dia menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak pernah melakukan intervensi meskipun telah memberi tempat untuk seniman dan budayawan, baik dengan dana anggaran maupun sarana.

”Bang Ali memberikan Gelanggang Remaja dan Taman Ismail Marzuki,” ungkap Rendra di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu (21/5).

”Bang Ali tak pernah melakukan intervensi. Sementara yang saya tahu, gubernur lainnya memberi bantuan, tapi melakukan intervensi. Tak ada pemimpin politik seperti Bang Ali,” kata Rendra, yang ikut mengantarkan almarhum Ali Sadikin hingga ke tempat peristirahatan yang terakhir.

Seniman ini juga teringat ketika dia akan ditangkap penguasa pada masa rezim Soeharto. Pada saat itu, orang yang pertama membela dirinya adalah juga Ali Sadikin.

Rendra pun mengenang salah satu pertemuannya dengan Bang Ali. Ceritanya, pada suatu hari Bang Ali berkunjung ke rumahnya yang sederhana di Yogyakarta.

”Bang Ali bertanya, kok, rumah saya kecil dan sumpek? Lalu Beliau memberi bantuan untuk perbaikan rumah. Saya sempat menolak, tapi Bang Ali bilang (terimalah), saya sudah membantu membuat TIM didatangi banyak orang,” kenang pria yang lahir di Solo, 7 November 1935, ini. (KSP)

Sumber: Kompas, Kamis, 22 Mei 2008

No comments: