Friday, May 30, 2008

Taufiq Ismail: Buku Kumpulan Karya

TAHUN 2008 ini genap 55 tahun sastrawan Taufiq Ismail berkarya. Rupanya tak hanya Taufiq yang berbahagia telah menempuh puluhan tahun sebagai penyair dan prosais. Di Sumatera Barat, puluhan kawan sastrawan menggelar perayaan sederhana bagi sang pujangga.

”Kawan-kawan saya bertanya, apa yang bisa mereka lakukan untuk memperingati 55 tahun ini? Saya bilang, jangan saya atau tahun itu yang dirayakan, tetapi bukukanlah semua karya saya sejak awal hingga terakhir,” tutur pria kelahiran Bukittinggi, 25 Juni 1935, ini.

Alhasil, jadilah empat buku berisi kumpulan karya Taufiq Ismail. Buku bertajuk Mengakar ke Tanah, Menggapai ke Langit yang diterbitkan Redaksi Horizon itu merupakan catatan sejarah puisi, prosa, serta prosa yang dijadikan syair lagu.

Di TVRI Sumatera Barat, 28 Mei 2008, kawan-kawan sastrawan juga menandai peluncuran buku itu dengan menggelar seminar dan membaca puisi.

Mengapa Taufiq memilih judul bukunya seperti itu?

”Saya mengibaratkan sastra saya sebagai sebuah pohon. Semoga dia menghunjam ke bawah dan menjulang ke langit. Lalu pohon itu tumbuh subur, bisa untuk tempat berteduh para musafir, juga memberikan buah bagi anak-anak,” kata Taufiq menutup pembicaraan. (ART)

Sumber: Kompas, Jumat, 30 Mei 2008

No comments: