Saturday, May 17, 2008

Peluncuran Buku: Dua Buku Sastra dari Indonesia-Malaysia

JAKARTA, KOMPAS - Dua buku sastra karya sastrawan Indonesia dan Malaysia diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Jumat (16/5). Kedua buku itu adalah kumpulan puisi Kembali dari Dalam Diri karya Ibrahim Ghaffar (sastrawan Malaysia) dan Kumpulan Cerpen Perempuan Bergaun Putih karya Sawali Tuhusetya (sastrawan Indonesia).

Pada peluncuran buku yang digelar Komunitas Sastra Indonesia, Komunitas Cerpen Indonesia, dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin itu diadakan pula diskusi dan pembacaan puisi dalam bahasa Melayu dan Mandarin, pembacaan cerpen, dan musikalisasi puisi.

Ketua Umum Komunitas Sastra Indonesia Ahmadun Yosi Herfanda ketika mengupas buku Kembali dari Dalam Diri mengatakan, jika didekati secara intertekstual, pemaknaan sajak-sajak Ghaffar (58) lebih kaya dan komprehensif. Tak hanya membaca kegelisahan hati dan pencapaian estetik seorang penyair, tetapi juga kegelisahan masyarakat Melayu sebagai sebuah komunitas politik, budaya, dan agama di tengah berbagai persoalan dunia.

Chew Fong Peng, ahli sastra Malaysia yang menerjemahkan puisi-puisi Ghaffar ke dalam bahasa Mandarin, mengatakan, dari 77 puisi lebih banyak bercerita tentang perang Irak, yang menimbulkan korban harta benda dan nyawa. Yang menarik adalah puisi ”Kembara Anak Perang” dan ”Peristiwa 11 September 2001”.

Sekjen Persatuan Penulis Nasional Malaysia SM Zakir menilai buku Kembali dari Dalam Diri memberikan gambaran sejarah modern Malaysia dalam dua dekade terakhir.

Sementara itu, ahli sastra dari Universitas Indonesia, Maman S Mahayana, yang membahas buku Kumpulan Cerpen Perempuan Bergaun Putih, mengatakan, Sawali (44) berhasil mengeksploitasi sisi lain dari kultur Jawa dengan segala mitos, mitologi, sistem kepercayaan, dan dunia pewayangan yang telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan orang Jawa. (NAL)

Sumber: Kompas, Sabtu, 17 Mei 2008

No comments: