Sunday, December 30, 2007

Horison: Kongres Komunitas Sastra Indonesia

KONGRES Komunitas Sastra Indonesia (KSI) bertema Meningkatkan Peran Komunitas Sastra Sebagai Basis Perkembangan Sastra Indonesia akan digelar di Kudus, Jawa Tengah, 19-21 Januari 2008. Acara yang didukung penuh oleh Djarum Bakti Pendidikan ini akan berupa kongres KSI, seminar nasional, orasi budaya, pementasan sastra dan seni, serta wisata budaya.

Kongres KSI akan memilih kepengurusan baru periode 2008-2010, penyusunan program kerja, dan penyampaian rekomendasi yang mencoba merespons kondisi mutakhir kesusastraan Indonesia. Orasi budaya akan disampaikan oleh Menpora Adhyaksa Dault. Sedangkan, seminar nasional akan menampilkan pembicara Budi Darma, Arswendo Atmowiloto, Dendy Sugono, Korrie Layun Rampan, Maman S Mahayana, Eko Budihardjo, Habiburrachman El-Shirazy, Shiho Sawai, Ahmadun Yosi Herfanda, Micky Hidayat, Mukti Sutarman SP, dan Idris Pasaribu.

Pementasan karya sastra akan diisi, antara lain Sutardji Calzoum Bachri, Jose Rizal Manua, Parni Hadi, Diah Hadaning, Arie MP Tamba, Kurnia Effendi, Mustafa Ismail, Chavchay Saefullah, Sihar Ramses Simatupang, Fatin Hamama, dan Thomas Budi Santoso. Juga akan diisi pertunjukan wayang klithik dan terbang papat, dua bentuk kesenian tradisional yang sudah langka dari Kudus.

Menurut Ketua KSI, Iwan Gunadi, pada kesempatan itu juga akan diluncurkan buku perjalanan KSI selama hampir 12 tahun. Menurut ketua umum panitia kongres, Wowok Hesti Prabowo, dan ketua pelaksana, Mukti Sutarman SP, acara ini akan diikuti sekitar 200 pelaku sastra, pengurus cabang-cabang di berbagai wilkayah di Indonesia, serta masyarakat Kudus dan sekitarnya. Peserta juga akan mengunjungi pabrik rokok, pabrik jenang, Museum Kretek, dan Menara Kudus.

Sumber: Republika, Minggu, 30 Desember 2007

No comments: