Thursday, June 26, 2008

Sastra: Pesta Penyair Nusantara Segera Dimulai

Jakarta, DKI- Sebuah pertemuan sastrawan Pesta Penyair Nusantara 2008 (Sempena The 2nd Kediri Internasional Poetry Gathering) segera digelar di Kediri, Jawa Timur, pada 30 Juni hingga 2 Juli 2008. "Sekitar 200 peserta telah mendaftar," kata ketua panitia, Khoirul Anwar.

Selain oleh para penyair dari Indonesia, acara ini akan dihadiri sejumlah penyair dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Jepang. Bahkan dari Malaysia, menurut anggota panitia lainnya, Viddy A.D. Daery, akan hadir 20 penyair. Pesta sastra itu bakal diisi, antara lain, dengan pembacaan puisi, seminar sastra, dan musyawarah penyair Nusantara.

Adapun pembicara untuk seminar, antara lain, Ratna Sarumpaet, Ahmadun Yosi Herfanda, Viddy A.D. Daery, Dr Dendy Sugono (Indonesia), Dr Ibrahim Ghafar, S.M. Zakir, Mohammad Daud Mohammad, Dr Datuk Kemala (Malaysia), Zeffri Ariff (Brunei), dan Shiho Sawai (Jepang).

Ini merupakan acara lanjutan pesta serupa tahun lalu yang diselenggarakan di Medan dengan nama Sempena The 1st Medan International Poetry Gathering. Pertemuan itu diadakan oleh Laboratorium Sastra Medan bekerja sama dengan sejumlah pihak. Acara pertama itu bernama Pesta Penyair Indonesia, kemudian diubah menjadi Pesta Penyair Nusantara. Acara ini digelar setiap tahun di tempat yang berbeda. [MUS] koran

Sumber : Koran Tempo, Kamis, 26 Juni 2008

No comments: