Monday, June 02, 2008

Kongres Penerbit Sedunia Hari Ini Dibuka

Gothenburg, Kompas - Kongres Penerbit Sedunia ke-61 dan Forum Pemimpin Redaksi ke-15 yang diadakan di Gothenburg, Swedia, Senin (2/6), akan dibuka Presiden Asosiasi Penerbit Swedia Par Fagerstorm. Menurut rencana, kongres itu akan dihadiri Raja Carl Gustav XVI.

Dalam kongres yang dihadiri penerbit seluruh dunia itu akan dibahas isu sentral dalam media, seperti isu kebebasan pers, multimedia, serta pembaca muda. Timothy Balding, chief executive officer dari Asosiasi Penerbit Sedunia akan membahas kecenderungan dunia dalam industri media massa.

Diskusi hari Minggu membahas isu kebebasan pers di berbagai belahan dunia, selain masalah kebebasan pers yang dilatarbelakangi penerbitan kartun Nabi Muhammad oleh media massa di Denmark yang kemudian diikuti sejumlah media massa lain di Eropa.

Dalam diskusi mengenai kebebasan pers tampil sebagai pembicara yang mewakili dunia Barat, seperti Philippe Val (Direktur Charlie Hebdo Paris), Ulf Johansson (Pemimpin Redaksi Nerikes Allehanda), kartunis Ali Dilem dari Aljazair, serta Ali Amar (pendiri Le Journal Hebdomadaire). Perbedaan perspektif di antara mereka terjadi dalam diskusi tersebut.

Johansson dalam diskusi mengatakan bahwa ia memandang pemuatan kartun itu sebagai bagian dari kebebasan berekspresi.

Meski demikian, Jihad Momani, Pemimpin Redaksi Mingguan Shihan dari Jordania, mempertanyakan apa tujuan dan keuntungan yang diperoleh dunia ketika media menyentuh isu-isu sensitif mengenai agama. (bdm, dari Gothenburg)

Sumber: Kompas, Senin, 2 Juni 2008

No comments: