Monday, March 02, 2009

Membaca Ugo, Membaca Naomi: Catatan Harian tentang Ugo Untoro

Judul : The Sound of Silence and Colors Between the Tip of a Cigarette and Fire of the Lighter (17 Years of Ugo Untoro's Fine Arts, 1989-2006).
Penulis : Omi Intan Naomi
Bahasa: Inggris dan Indonesia
Editor : Jani Ginting
Penerbit : Museum dan Tanah Liat, Yogyakarta
Tebal : 483 halaman.
Tahun: 2008

JUDUL panjang itu adalah salah satu penggalan dari kata-kata Ugo Untoro dalam katalog pameran Corat-Coret 91-95, pameran tunggalnya di Bentara Budaya Yogyakarta, 1995. " Saya ingin menjadi yang melintas di antara rokok dan korek api. Dalam hati kecil saya, saya ingin berbisik kepada udara Yogya, bahwa saya ada dan berbeda." Demikian, ungkapan Ugo yang juga dikutip dalam buku setebal 483 halaman ini.

Siapa Ugo yang melintas di antara ujung rokok dan korek api itu? Omi Intan Naomi, sang penulis buku, menafsirkannya sebagai Ugo yang memiliki kekuatan khusus, kemampuan untuk menari di perbatasan. Ugo yang "melintas" itu adalah Ugo yang memiliki apa yang diungkap oleh Delacroix mengenai "momentum." Ugo mampu mencatat saat, mencurahkan isi hati tepat pada saat jatuhnya hujan, bunyi gerimis pertama kali, terlepasnya embun dari ujung daun, melayang jatuh ke tanah. Demikian, bunyi sunyi Ugo yang direkam Naomi, penulis buku ini.

Ugo Untoro, seniman kelahiran Purbalingga 1970, melejit namanya dalam dunia seni rupa Indonesia. Lelaki ini dikenal sebagai pelukis, walau sering juga membuat mainan boneka dan wayang, menetap di Yogyakarta sejak 1988. Karya-karyanya belakangan ini, diminati "pasar," menjadi incaran kolektor dan investor seni rupa. Namun, bukan karena itu Naomi memutuskan menulis tentang Ugo.

"Lewat rancah yang tak terjelaskan, hanya melihat lukisan tanpa ingin tahu apa pun tentang si pelukis, sedasawarsa saya ikuti karier Ugo secara sambil lalu. Yang hinggap kebanyakan kabar angin, sebagian di antaranya faktual."

Omi Intan Naomi (1970-2006), penulis, penerjemah, dan pengumpul data yang tekun, menulis buku ini atas tawaran dari Dodo Hartoko, teman Ugo Untoro, untuk memilih menulis kisah antara Ugo atau S Teddy D. Naomi pun memilih Ugo. Ia merekam tujuh belas tahun kekaryaan Ugo Untoro, sejak ia mengenal Ugo di 1989 sampai akhir hayatnya pada tahun 2006.

Dengan gaya bahasa seperti ngobrol, bergosip, setengah bercanda, terkadang menyindir, Naomi mengatakan, karya lukisan Ugo secara berbeda dari yang dikatakan banyak kurator dan pengamat seni tentang karya Ugo. Hampir semua dari mereka, menurutnya, menafsir karya Ugo melalui buku-buku yang dibaca Ugo. Naomi menolak hal ini. Karya-karya Ugo, selain disebut Naomi seperti Haiku, puisi Jepang yang pendek, simbolis, namun sarat makna, juga " ... bukan soal renung-merenung dan baca-membaca." Karena itu, Naomi tidak banyak menyinggung isi buku yang dibaca Ugo, apalagi mengaitkannya dengan karya-karya Ugo. Mengenai buku-buku yang dikonsumsi Ugo, Naomi hanya menyinggung judul buku dan jenisnya.

Naomi lebih banyak bercerita tentang sosok Ugo melalui lingkungan dan gaya hidupnya, teman-temannya, kesukaannya akan kuda dan wayang kardus, kegemarannya membaca buku, dari buku filsafat, sastra, hingga sejarah dan komik. "Ugo lahir triwulan lebih dulu dari saya pada tahun yang sama. Kelihatannya, dia dan saya juga tinggal di dunia yang sama, sedikitnya diperkara buku anak-anak, film animasi, dan wayang - tiga spesies kesenian yang juga andil dalam menghancurkan keintelekan saya sekarang ini, kata tetangga." Demikian, Naomi mencatat Ugo sekaligus mencatat hidupnya sendiri.

Ketika menyinggung karya-karya Ugo, kendati pun Naomi tidak sepenuhnya percaya, ia tetap mengacu pada ulasan kurator tentang karya Ugo. Hampir setiap menyinggung karya Ugo, ia mengutip tulisan dari, misalnya, Fadjar Sidik, Dwi Marianto, Hendro Wiyanto, Mella Jaarsma, Suwarno Wisetrotomo, dan sebagian kecil teman-teman Ugo.

Buku dwibahasa ini lebih merupakan catatan harian Naomi tentang Ugo. Di bagian pertama, misalnya, Ugo Menurut Teman-Teman Sekecamatan, sesungguhnya tidak bercerita tentang komentar dari teman-teman sekampung Ugo, melainkan relasi Naomi dan alasannya menulis tentang Ugo. "Jadi begitulah, saya dekat dengan Ugo, sama seperti kedekatan antara dangdut dengan seriosa," demikian Naomi mengilustrasikan sekilas perjumpaannya dengan sosok Ugo. [Stanislaus Yangni]

Sumber: Suara Pembaruan, Minggu, 1 Maret 2009

No comments: