Monday, May 16, 2011

151 Penyair Ikuti PPN V di Palembang

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 151 penyair siap mengikuti Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V di Palembang pada 17-20 Juli mendatang. Mereka lolos seleksi dari 215 penyair yang masuk ke panitia PPN V.

Tim Kurator/Dewan PPN V Palembang, Ahmadun Yosi Herfanda, Anwar Putra Bayu, dan Isbedy Stiawan Z.S. menetapkan 151 penyair dari empat negara serumpun: Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand di Palembang,

Menurut Anwar Putra Bayu, mewakili editor, rapat editor pada Minggu (15-5) di Hotel Swarna Dwipha, menyeleksi sekitar 650 puisi dari 215 penyair. "Tim editor sudah kerja maksimal. Buku yang akan diterbitkan bakal tebal," ujar Anwar Putra Bayu.

Bayu menjelaskan antologi puisi tersebut berjudul Akulah Musi sebagai representasi sejumlah puisi yang mengangkat tema Musi sebagai ikon Sumatera Selatan.

"Kami memilih judul Akulah Musi didasari pertimbangan banyak yang menulis ihwal Musi dengan berbagai tafsir dan persoalan. Jadi, kami nilai itu sudah mewakili ke-melayu-an," kata Bayu.

Tim editor sekaligus dewan pengarah PPPN V juga mengagendakan penyair yang akan tampil pada acara pembukaan dan penutupan. Mereka antara lain Sutardji Calzoum Bachri, Dato Kemala, Nana Riskhi Susanti, Inggit Putria Marga, Toton Dai Permana, Alya Salaisha-Sinta, dan Diah Hadaning.

Selain seminar, PPN V akan dimeriahkan dengan pembacaan puisi para penyair yang diundang. "Kami menyiapkan sejumlah panggung terbuka untuk membacakan puisi, misalnya di Kambang Iwak atau di dekat Jembatan Ampera, dan tempat lain yang akan disiapkan panitia," kata Bayu.

Sementara itu, Ahmadun Yosi Herfanda menjelaskan dari 215 penyair yang mengirimkan puisi ke panitia, hanya 165 penyair bersama karyanya yang layak diperdebatkan tim editor. MG1/D-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 16 Mei 2011

No comments: