Sunday, April 19, 2009

Oase Budaya: Pertunjukan Puisi Gunawan Maryanto

-- Sjifa Amori

TEATER Garasi menyelenggarakan sebuah perayaan sederhana atas puisi-puisi Gunawan Maryanto untuk menyambut penerbitan kumpulan sajaknya, Perasaan-Perasaan yang Menyusun Sendiri Petualangannya. Kumpulan sajak ini diterbitkan oleh penerbit OmahSore, sebuah penerbitan dengan pola POD (Print On Demand) yang memberi perhatian kepada karya sastra berkualitas namun belum memiliki pangsa pasar yang luas.

Sejumlah seniman akan turut meramaikan acara peluncuran buku ini. Andy Seno Aji, seorang perupa muda Yogyakarta, akan menerjemahkan dunia puisi Gunawan Maryanto dalam bentuk visual, sedangkan Sahita (kelompok teater-tari dari Surakarta) mencoba menggarap sebuah karya berangkat dari puisi Kayon Blumbangan dan Sendhon Abimanyu—satu hal yang tak pernah mereka lakukan sebelumnya. Bengkel Mime Theatre juga akan terlibat menampilkan persembahannya bagi puisi-puisi Gunawan.

Adapun Umbrella Project (Hindra Setya Rini, Lusi Neti, Verry Handayani), sebuah kelompok vokal yang baru saja terbentuk, akan mengangkat Seikat Kembang Gunung dan Banowati dengan gaya vokal 80'an. Ani Himawati tak ketinggalan. Ia akan membacakan sebuah bacaan atas Gunawan Maryanto dan puisi-puisinya. Sedangkan Muhammad Marzuki/Kill the DJ, Sri Qadariatin, Theodorus Christanto, dan Yudi Ahmad Tajudin akan membacakan puisi-puisi tersebut dengan gaya mereka masing-masing.

Perayaan atas Perasaan-Perasaan yang Menyusun Sendiri Petualangannya ini dilaksanakan di Studio Teater Garasi di Jl. Bugisan Selatan No. 36 Yogyakarta pada 17 April 2009 pukul 20.00 WIB.

Sumber: Jurnal Nasional, Minggu, 19 Apr 2009

No comments: