Thursday, October 20, 2011

Tiga Tema Buku Menjadi "Best Seller"

-- Wisnu Nugroho A & Robert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap bulan, sekitar 2.000 judul buku diterbitkan dan dipasarkan di toko-toko buku di Indonesia. Hanya buku best seller yang bertahan lama di pasaran.

Sepanjang 2011, tiga tema buku yang masuk kategori best seller adalah tema anak dan remaja, tema agama Islam, dan tema motivasi dan psikologi.

"Kombinasi ketiganya terbukti juga membuat sejumlah buku menjadi buku yang laris," ujar Tinoek Reswanto dari Penerbit Buku Kompas saat jumpa penulis di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (20/10/2011).

Karena banyaknya buku yang terbit, yaitu 2.000 buku per bulan atau sehari setidaknya 65 buku, umur buku di toko-toko buku saat ini makin pendek. Begitu tidak diterima pasar, buku baru segera menggeser. "Hanya buku-buku best seller yang bisa panjang umur pemasarannya," ujar Tinoek.

Selain dari pendekatan tema, ada lima karakter buku-buku best seller yaitu praktis dan aplikatif, kontroversial, tema berat tapi disampaikan secara sederhana dan populer, tepat waktu penerbitannya, dan keaktifan penulis memasarkan.

Namun, di samping hal-hal umum di atas, ada pengecualian untuk sejumlah tema. Tema sejarah yang dikemas secara populer ternyata cukup diterima pasar.

Secara umum, pasar buku di Indonesia cepat menerima buku-buku yang ringan, inspiratif, dan menghibur.

Sumber: Oase Kompas.com, Kamis, 20 Oktober 2011

No comments: