Thursday, November 03, 2011

Penyair Puisikan “Empat Pilar”

-- Ray Seomantoro

JAKARTA – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) MPR menggandeng para penyair untuk menyosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Sosialisasi yang dibungkus dengan nama "Parade Puisi Kebangsaan Cintai Bangsa Ini dengan Hati" tersebut berlangsung di Gedung Nusantara V DPD, Jakarta, Rabu (2/11).

Dalam acara yang dihadiri Wakil Ketua MPR Lukman hakim Saefuddin itu tampil sejumlah penyair ternama Tanah Air, yakni Sosiawan Leak, Jose Rizal Manua, Zawawi Imron, Asrizal Nur, Acep Zamzan Noor, dan Rukmi Wisnu Wardani.

Menurut Ketua F-PKB MPR, Lukman Edy, dengan menggandeng para penyair untuk membacakan puisi-puisi mereka, diharapkan ini dapat lebih memudahkan upaya memasyarakatkan nilai-nilai kebangsaan, terutama di kalangan para generasi muda.

"Lunturnya nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika bisa dilihat dari kejadian atau gesekan akhir-akhir ini. Diharapkan, sosialisasi empat pilar ini bisa menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik, sebagaimana yang terdapat dalam empat pilar tersebut," kata Lukman.

Yang pasti, lanjut anggota Komisi VI DPR ini, F-PKB MPR akan terus berusaha lebih keras dan dengan menggunakan medium kesenian yang lain untuk menyosialisasikan empat pilar kebangsaan ini di seluruh Indonesia. Demikian berita dikutip dari Antara.

Sumber: Sinar Harapan, Kamis, 3 November 2011

No comments: