Saturday, June 16, 2012

Drama Mitologi Jawa: Gatotkaca Kembar Akan Dipentaskan di Las Vegas

-- Deddy Hidayatullah

PAGELARAN drama sinema mitologi jawa "Gatotkaca" besutan sutradara Mirwan Suwarso kini siap-siap memasuki dunianya yang baru. Pantas disebut demikian, karena pertunjukan kesenian tradisional masyarakat jawa itu berhasil mencuri perhatian salah satu produser musical theater di Las Vegas. Akibatnya, drama tersebut akan ditampilkan di Las Vegas.

    Mirwan sebelumnya telah sukses memberikan gebrakan dunia pertunjukan Indonesia melalui lakon "Jabang Tetuko" (2011), "Gatotkaca Jadi Raja" (2012), "Arjuna Wiwaha" (2012), dan lakon yang baru saja dipentaskan, "Gatotkaca Kembar - The Evil Within". Konsekwensi dari kemajuan itu, Gatotkaca dan teman-temannya akan segera go international.

    "Kini kami sedang menjajaki (lakon ini) akan dibawa ke Las Vegas 2013 atau 2014," kata Mirwan yang ditemui usai pertunjukan "Gatotkaca Kembar - The Evil Within" di The Hall Senayan City, Jakarta, Sabtu (2/6).

    Mirwan mengaku memang sudah mempersiapkan lakon yang berbasis cerita wayang itu untuk go international. Dimulai sejak pertunjukan "Arjuna Wiwaha" yang dikolaborasi menggunakan dialog bahasa Inggris dan menghadirkan indie rocker dari Amerika Serikat, Max Morgan.

    Kemudian pada "Gatotkaca Kembar - The Evil Within" selain kembali memanggil Max Morgan untuk tampil, ia juga menghadirkan artis Hollywood Camille Guaty yang populer melalui serial "Prison Break". Dalam lakon yang berlangsung sekitar satu jam itu juga menggunakan bahasa Inggris yang lebih banyak.

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan kesediaannya sebagai wakil dari pemerintah untuk membantu memfasilitasi kebutuhan yang diperlukan untuk pertunjukan di Las Vegas nanti. "Kita harus bicara dulu dengan teman-teman MSP Entertainment untuk mempelajari apa yang mereka perlukan. Kita pasti akan memfasilitasi misalnya membantu promosi," kata Mari yang mengenakan batik itu.

    "Bangga sekali ya Gatotkaca bisa dipentaskan di luar negeri. Hingga kini masih bisa dibilang masih amat jarang drama wayang akan go international, tetapi Gatotkaca mencoba meyakinkan kemampuan seniman Indonesia. Semoga berhasil," tambah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu.

    Mari juga menambahkan, kini Gatotkaca sudah jauh lebih dulu eksis sebelum Superman ada maka sangat mungkin untuk bisa menampilkannya di Las Vegas.

    "Menurut saya di Las Vegas menang di teknologi, kalau kita dari segi kreatifitas tidak akan kalah. Karena iu, kami akan mendukung. Apalagi saya juga mendapat info, bahwa pementasan drama Gatotkaca di Las Vegas akan dimeriahkan dengan keterlibatan artis Hollywood. Saya bangga mendengarnya," katanya.

    Mirwan Suwarso membenarkan info yang diterima Menparekraf. Kepada sejumlah rekan seniman di Taman Ismail Marzuki pekan lalu, Mirwan menegaskan bahwa dirinya telah mendapat permohonan dari salah seorang artis Hollywood yang ingin sekali berakting di pertunjukan drama Gatotkaca di Las Vegas.

    "Info yang diterima Bu Menteri Pariwisata memang betul. Saat kami panggungkan di Las Vegas nanti akan dimeriahkan dengan keterlibatan artis Hollywood. Saya mendukung keinginan artis itu dan sedang menyiapkan peran khusus untuknya," jelas Mirwan.

    Artis Hollywood yang sudah mengajukan permohonan ingin berakting dalam pertunjukan drama Gatotkaca adalah Camille Guaty. Artis ini selain dikenal sebagai bintang film dan telah main dalam sejumlah film di Hollywood juga dikenal sebagai penari.

    Hebatnya, Camille Guaty ternyata telah pandai menari Jawa yang dipelajarinya di Jakarta dan di Amerika Serikat melalui beberapa penari Indonesia disana serta beberapa artis penari Indonesia yang datang ke Amerika Serikat.

    Dalam pertunjukan drama Gatotkaca Kembar dia juga akan menarikan beberapa nomor tarian Jawa. "Karena kemampuannya itulah, pada pertunjukan "Gatotkaca Kembar" saya dengan penuh semangat akan melibatkan artis Hollywod itu," kata sutradara Mirwan Suwarso.

    Cukup sulitkan drama mitologi Jawa Gatotkaca Kembar itu? Ditanya demikian, Mirwan langsung menganggukkan kepalanya.

    "Cukup sulit, soalnya, tangan dan mata saya harus bergerak bersamaan," kata Mirwan lagi pada sesi latihan drama tersebut di Senayan, Jakarta, Senin lalu. Dalam drama sinema "Gatotkaca Kembar" yang rencananya dipentaskan pada 2 Juli mendatang, Camille yang memerankan Batari Durga, harus meliuk-liuk bagaikan ular.

    Artis yang pernah bermain di film seri "Prison Break" dan film "Ghost of Girlfriend's Past" itu mengaku senang sekali bisa bermain dalam drama yang mengangkat kisah budaya lokal.

    Camille, yang baru pertamakali datang dan berakting sebagai artis film di Indonesia, punya waktu lima hari untuk mendalami perannya.

    "Saya tetap yakin bisa memerankannya dengan baik, lihat saja nanti," kata Camille. Sepanjang pertunjukan tersebut, Camille akan berdialog dan menyanyi dengan Bahasa Inggris.

    Dia mengaku bisa bermain drama di Indonesia berkat ajakan Max Morgan, seorang penyanyi rock asal Amerika yang pernah bermain dalam drama garapan Mirwan Suwarso di Indonesia.

    Di "Gatotkaca Kembar", Max kembali akan bermain. Kali ini dia bermain sebagai penjahat dan tubuhnya akan dicat hijau.

    "Jadi jahat itu memberikan banyak kesenangan buat saya," katanya seraya tertawa.

    Selamat buat Mirwan Suwarso!

Sumber: Suara Karya, Sabtu, 16 Juni 2012

No comments: