Thursday, January 31, 2013

Rektor Unpad Raih Rancage Sastra 2013

BANDUNG -- Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Ganjar Kurnia mendapat penghargaan Hadiah Sastra Rancage 2013 untuk jasa dalam bahasa Sunda berkat keaktifannya dalam kegiatan kesundaan sejak mahasiswa dan gagasannya menyelenggarakan Hari Bahasa Ibu Internasional di Unpad.

Siaran pers panitia Rancage 2013 diterima Kamis, menyebutkan berkat gagasan Ganjar Kurnia, Unpad menjadi lembaga pertama di Indonesia yang memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, yaitu kegiatan yang dipromosikan oleh UNESCO.

Untuk kategori karya sastra Sunda, panitia memilih Lagu  Padungdung, kumpulan sajak Deni A Fajar, sebagai pemenang.

Hadiah Sastra Rancage 2013 untuk sastra Jawa kategori karya diberikan kepada Pratisara, kumpulan cerita pendek karya Krisna Mihardja terbitan Leutikaprio, Jogjakarta. Sedangkan  Hadiah Sastra Rancage 2013 untuk  jasa dalam bahasa Jawa diberikan kepada JFX Hoery, penulis guritan dan cerita pendek bahasa Jawa.

Untuk sastra Bali 2013, penghargaan serupa diberikan kepada Sentana, roman pendek karya I Made Sugianto, terbitan  Pustaka Ekspresi. I Made Sugianto pernah mendapat Hadiah Sastra Rancage sastra Bali untuk jasa tahun 2012. Sedangkan  Hadiah Sastra Rancage sastra  Bali untuk jasa tahun 2013 diberikan kepada I Nyoman Suprapta.

I Nyoman Suprapta pernah bekerja sebagai guru agama  (1981-1997), dan kini memusatkan perhatian pada penulisan karya puisi tradisional Bali jenis geguritan.  Sejak  2000 Suprapta sudah menulis 100 judul geguritan, 80 di antaranya sudah diterbitkan sebagai buku.

Upacara penyerahan Hadiah Sastera Rancage dan Hadiah "Samsudi" 2013 akan dilaksanakan atas kerja sama Yayasan Kebudayaan Rancage dengan Universitas Padjadjaran di Kampus Unpad, di Jalan  Dipatiukur, Bandung, Mei mendatang.

Sumber: Antara, Kamis, 31 Januari 2013

No comments: