Friday, December 22, 2006

Langkan: Temu Sastrawan Sumatera

DEWAN Kesenian Sumatera Barat (DKSB) menggelar lokakarya sastra bagi penulis yang berstatus siswa dan mahasiswa se-Sumatera Barat. Bedanya dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan sastra kali ini dirangkaikan dengan Temu Sastrawan Sumatera.

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan INS Kayutanam dan Kabupaten Padang Pariaman ini dilaksanakan selama tiga hari, 26-28 Desember 2006, dengan instruktur sastrawan Gus tf, Yusrizal KW, dan Agus Hernawan. "Ketiga sastrawan itu menjadi narasumber untuk puisi dan cerita pendek," kata Sodri BS, Ketua Komite Sastra DKSB.

Sementara diskusi dengan topik "Arah Kepenyairan Sumatera" menghadirkan Sudarmoko dan Iswadi Pratama sebagai narasumber, sedangkan diksusi lain bertajuk "Dinamika Penerbitan di Sumatera untuk Publikasi dan Dokumentasi Sastra" dengan narasumber Nasrul Azwar dan Marhalim Zaini.

Para penyair Sumatera akan membacakan puisi dalam satu sesi khusus. Menurut Sondri, dengan penyelenggaraan lokakarya sastra dan temu sastrawan dengan peserta 50 orang ini diharapkan semakin meningkat apresiasi dan berkembangnya sastra di Indonesia. (NAL)

Sumber: Kompas, Jumat, 22 Desember 2006

No comments: