Saturday, April 28, 2007

Kebudayaan: Jejak Akulturasi Arab-Melayu-China

Rumah almarhum Sayid Idrus Bin Hasan sudah sangat kumuh. Dinding-dindingnya dipenuhi lumut, langit- langit rumahnya pun rusak. Rumah itu sudah belasan tahun tak dihuni pemiliknya.

Inilah rumah batu pertama yang dibangun pada masa kolonial belanda. Pemerintah Provinsi Jambi telah menyatakan rumah tua bergaya campuran ini sebagai cagar budaya. Namun, jika kita menengoknya, seakan tak ada penghargaan terhadap rumah ini, selain sebuah papan bertuliskan rumah batu cagar budaya di depannya.

Rumah yang berlokasi di Kampung Olak Kemang, Pelayangan, Kota Jambi, ini dulunya milik Sayid Idrus, salah seorang penyiar agama Islam pertama yang masuk Jambi. Daerah Pelayangan atau seberang Jambi diyakini sebagai komune awal bertumbuhnya ajaran Islam. Para penyiar agama berasal dari Arab, salah satunya Sayid Idrus yang kemudian membangun sebuah rumah besar di sana. Banyak orang bilang, rumah itu dulunya istana. Pada masa penjajahan, rumah itu bisa dibilang yang termegah.

Pemiliknya mengundang seniman China untuk membentuk sejumlah ornamen naga dan ukiran barongsai di dinding rumahnya. Si seniman tampaknya juga ingin membaurkan gaya China dengan Melayu. Gayanya tampak pada bangunan di lantai dua yang berbahan kayu, dan jendela-jendelanya yang banyak pada hampir semua sisi. Ini memudahkan angin masuk, dan supaya pemilik rumah dapat mudah melihat ke luar, sambil duduk di lantai dekat jendela.

Selama masa itu, anak-anak dan menantu Sayid Idrus serta kaum keturunan Arab lainnya dididik agama secara kuat. Mereka berbaur dengan masyarakat Melayu, bahkan pendatang asal China. Penyebaran agama dipermudah dengan perkawinan. Kampung Arab Melayu bisa dibilang sebagai pusat perbauran pendatang Arab dengan Melayu. Sedangkan Kampung Tengah merupakan komunitas Arab yang kawin dengan perempuan-perempuan China. Komune ini terus berkembang hingga terbentuk kampung-kampung lain di sekitarnya yang merupakan hasil akulturasi yang damai, hingga mereka menganut agama Islam.

Tidak ada konflik pada masa itu. Malah sejumlah madrasah, pesantren, serta masjid banyak dibangun. Dari perkampungan ini jugalah banyak pendatang dari luar daerah belajar agama, dan kemudian kembali lagi ke daerah asal mereka untuk bersyiar.

Salah seorang keturunan Arab, Habib Al Musyawah, mendirikan empat madrasah, Nurul Islam, Nurul Iman, Tahtulyaman, dan Jauhareem. Sedangkan Sayid Idrus membangun Masjid Al Akhsaniyah, Olak Kemang, yang hingga kini masih tampak keagungannya. Sejumlah keturunan lainnya juga membangun masjid dan surau.

Kini, dalam ketuaannya, istana Sayid Idrus tak lagi ditempati. Mungkin kita hanya akan tinggal menunggu istana itu hancur termakan usia. (ITA)

Sumber: Kompas, Sabtu, 28 April 2007

1 comment:

mysyb said...

Tulisan Arab Melayu (ARMEL) telah dilupakan banyak pihak, khususnya dunia usaha dan dunia kerja. Saat ini anak-anak sekolah SD & SMP di Riau masih mempelajari penulisan tersebut.

Menurut kami, ada beberapa pola untuk melestarikan armel, salah satunya lewat siklus ekonomi. Setiap ada kebutuhan pasti ada suplai, rumus ekonomi inilah yang sebaiknya digunakan oleh Pemda untuk melestarikan armel.

Sebagai contoh bila administrasi intern perkantoran pemda Riau semuanya menggunakan aksara arab melayu dengan sendirinya akan ada kebutuhan editor arab melayu yang bisa link dengan MS Office dan bisa digunakan disemua bentuk komputer saat ini. Contoh detailnya lagi bila regulator yang dikeluarkan oleh pemda seperti Izin-izin, Akte Kelahiran, KK, KTP, SIM, IMB, SIUP,SITU dan sebagainya diterbitkan dalam aksara melayu dengan sendirinya kita dapat melestarikan aksara tersebut karna dibutuhkan ditingkat dunia kerja.

Dengan demikian Armel tidak sebatas untuk dipelajari anak-naak selkolah semata, namun tetap dipergunakan sebagai media komunikasi didunia usaha dan dnuia kerja, yang dengan sendirinya akan lestari dan Riau dapat dijadikan pusat pelestarian arab melayu sesuai visi 2020 RIAU.

Sebagai langkah awal untuk mendapatkan Editor Arab Melayu secara cuma-cuma dapat menghubungi :

1. Lembaga Adat Melayu Riau dengan Bapak Suwarto hp. 08127638000.
2. IAIN Rianiry Banda Aceh dengan Bapak Cut Azwar hp.08566033901.
3. IAIN Medan/Sumut dengan Bapak Irwan Nasution 08126024032.
4. Balai Bahasa Sumut dengan Bapak Sihombing 08126054470.